Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap loyalitas
pengguna XL melalui brand image sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa STIE Satya Dharma Singaraja dengan mengambil sampel sebanyak 83 mahasiswa
dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling dan penyebarannya dengan
mengambil bentuk simple random sampling dan sampling insidental. Kriteria sampel yaitu mahasiswa jurusan manajemen yang menggunakan XL dari tahun
2010-2013.
''KRITERIA SAMPEL MAHASISWA STIE SATYA DHARMA SINGARAJA''
ReplyDeleteMenjatuhkan pilihan menjadi usahawan terkadang bukanlah sebuah hal yang mudah. Bayang-bayang untung rugi setidaknya menjadi sekelebat pemikiran yang membebani ketika ingin memulai sebuah usaha. Bagaimana dan dimana akan membangun usaha adalah pertanyaan klasik yang seringkali menunda motivasi untuk memulainya. Kepercayaan diri dan motivasi untuk sukses dalam memulai usaha merupakan faktor penting yang terkadang jarang dimiliki sebagian besar dari kita. Mungkin itulah sebagian sebabnya mengapa dinegara yang kaya sumberdaya dan berpenduduk 237.641.326 jiwa ini hanya mampu memiliki pengusaha 0,24% dari total populasi tersebut. Angka ini jauh tertinggal dari negara tetangga seperti Singapura yang memiliki angka mencapai 7,2 %, Thailand mencapai 4,1% dan Malaysia memiliki 2,1% dari total populasinya memilih wirausaha sebagai mata pencahariannya. Jika kita merujuk pada pendapat David Mc Clelland, seorang sosiolog yang terkenal dengan teori motivasinya, maka Indonesia harus terus meningkatkan jumlah pengusaha mencapai minimal 2% dari total penduduknya agar terus mampu bergerak menjadi negara makmur .Ditengah kenyataan diatas, optimisme bemunculan dari bidang-bidang usaha industri kreatif. Geliat industri kreatif sejalan dengan perkembangan telekomunikasi seluler dan konvergensi IT telah memunculkan usahawan-usahawan muda kreatif. Pemanfaatan perkembangan telekomunikasi seluler ditangan anak-anak muda saat ini membuat pertanyaan klasik “bagaimana dan dimana akan memulai usaha ?” terjawab sudah. Teknologi seluler membuat usahawan muda yang berkecimpung dalam industri kreatif menemukan cara efektif mempromosikan produknya, etalase bagi produknya serta arena transaksi hanya dari dalam genggaman selulernya. Tak terpungkiri, pemanfaatan teknologi seluler telah menjelma sebagai sumberdaya modal yang berperan penting sebagai sarana promosi dan pemasaran yang murah, cepat dan efisien sehingga dapat menekan biaya dan meningkatkan keuntungan bagi industri kreatif. Menumbuhkan Wirausaha di Kalangan Muda
Tingginya angka pengangguran yang disebabkan daya serap lapangan kerja tidak sebanding dengan angka pencari kerja membuat pemerintah bersama pihak swasta Dan STIE SATYA DHARMA SINGARAJA berkomitmen untuk terus meningkatkan angka wirausaha. Upaya untuk mendorong pertumbuhan wirausaha tersebut difokuskan terhadap para generasi muda khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa.
''SUKSEMA'' By:'' Muhamad Rudi
Nama : Luh Indawati
ReplyDeleteNIM : 14.01.1.195
Kelas : Eksekutif (Ampulen)
Jurusan : Manajemen
Product
XL adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia. Penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. Product XL memiliki brand image yang sangat kuat bagi pelanggan.
Price
Kartu XL memberikan layanan seluler dengan fitur sangat lengkap dengan tarif termurah tanpa batas, dimana pengguna dapat mengganti program tarif termurah dari XL tanpa harus mengganti kartu.
Place
Tempat merupakan gabungan antara lokasi dan saluran distribusi, dimana Kartu XL sudah didistribusikan ke seluruh Indonesia, dengan menyasar counter-counter seluler dengan target pasar semua kalangan, dan kegiatan selling ke sekolah sekolah dengan target pasar yang dituju adalah anak sekolah, sehingga place yang tepat akan menguatkan brand image.
Promotion
Segmentasi pasar kartu prabayar XL ditujukan untuk kalangan anak muda, hal ini sesuai dengan karakter anak muda yang menginginkan kebebasan. Lewat kartu prabayar XL pelanggan bebas memilih tarif termurahnya. Promosi merupakan faktor yang penting dalam menguatkan brand image yakni variabel yang mampu menarik dan mengingatkan pelanggan akan produk yang ditawarkan. Faktor-faktor yang menjadi pendorong kuat promosi adalah iklan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas. Upaya XL untuk menghadirkan layanan komunikasi terbaik mendapatkan banyak penghargaan. Dengan kata lain semakin tinggi iklan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas maka brand image yang dihasilkan akan menguat.
Nama : Irman Firmansyah
ReplyDeleteNim :13.01.1.1.246
Kelas : Eksekutif / Sore
Jurusan : Manajemen
Semester II
PRODUCT
XL merupakan salah satu provider terbesar di Indonesia. Memang XL merupakan operator yang memiliki jaringan serat optik terluas namun tidak sesuai dengan kenyamanan yang didapatkan pelanggan,terbatasnya jaringan merupakan masalah yang dapat mengurangi loyalitas pelanggan,tetapi diluar masalah tersebut XL masih dikatagorikan operator termurah, baik dalam hal harga,paket internet ataupun paket telepon.
PRICE
XL mempromosikan kartunya sebaik-baiknnya agar dapat mendapatkan Brand Image yang bagus sehingga dapat menarik konsumen mulai dari harga kartu perdana yang murah lalu paket paket yang lainnya,seperti paket telepon,sms,dan juga internet.Harga yang sesuai dengan kenyamanan yang didapat membuat XL semakin dapat bersaing dengan Provider - Provider lainnya,namun tetap saja dibalik semua promosi paket - paket yang terjangkau biasanya ada jangkauaan waktu yang terbatas. Misal nya dibandingkan paket yang seharian,paket tengah malam jauh lebih ekonomis tetapi paket tersebut mempunyai batasan waktu tertentu yang mungkin tidak semua konsumen XL dapat menggunakannya. Mungkin sebaiknnya XL lebih mengevaluasi dafta terlarisnnya sehingga dapat membuat para pelanggan dapat merasakan kepuasan dengan menggunakan Provider XL. Semakin banyak promosi yang dilakukan Provider lain tentang tarif yang lebih murah dapat membuat Brand Image XL menjadi menurun, dan pelangganpun beralih menggunakan Provider lain.
PLACE
Tempat sangat berpengaruh terhadap penjualan perdana dan loyalitas konsumen. Terkadang yang menjadi kendala penjualan kartu perdana ataupun kesetiaan pelanggan adalah kualitas jaringan yang dapat digunakan ditempat itu tidak sesuai dengan slogan XL " 4G LTE Layanan Kecepatan Hingga 100 mbps ". Tetap saja lokasi berpengaruh penting selain masalah jaringan biasannya XL mempunnyai target pasar tertentu. Sering kali kita menjumpai stand promotion XL di kampus - kampus atau sekolah - sekolah, dikarenakan harga yang terjangkau dan juga pemakaian terbanyak telepon selular adalah para remaja.
PROMOTION
Cara promosi yang dilakukan XL begitu banyak, namun sama dengan yang dilakukan Provide yang saingannya. Tidak ada cara yang berbeda dalam XL untuk mempromosikan Brand nya. Promosi yang lebih menarik dapat membantu meningkatkan jumlah pengguna Provider XL, Promosi yang gencar - gencar dan dapat memahami keinginan pasar merupakan jalan yang sangat baik, seringkali XL terlihat di event - event tertentu di tiap kota. Hal tersebut memang dapat meningkatkan jumlah pemakaian, tetapi biasanya pemakaian perdana baru tersebut, tidak melanjutkan atau mengganti kartunya ketika promo yang didapatkan sudah habis seperti yang disebutkan." Pemakaian baru lebih menguras biaya dibandingkan dengan loyalitas pelanggan ( pelanggan tetap ) " sehingga kurang efesien . Dari pada seperti itu lebih baik XL meningkatkan kulaitas dan jaringan cangkupannya, sehingga pelanggan baru merasa cukup puas dan dan tidak akan beralih ke Provider lainnya.
nama : gede angga adi artama
ReplyDeletenim : 13.01.1.1.250
jurusan : manajemen
kelas : eksekutif
semester : 2
a.Produk (Product)
XL merupakan salah satu provider terbesar di Indonesia, XL melakukan berbagai diversifikasi fitur produk serta mengembangkan produkn- produknya untuk mengikuti perkembangan teknologi saat ini yang berfokus pada layanan data seiring dengan beralihnya minat konsumen dari voice atau sms kepada internet data services
b.Harga (Price)
Penetapan harga yang sangat kompetitif dilakukan XL untuk menarik segmen pasar baru terbukti dengan berbagai tarif promo XL yang banyak ditawarkan pada saat ini, mulai dari paket nelpon , sms , dan yang paling diminati saat adalah paket internet, banyak pilihan paket yang diberikan dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan provider lainnya. Perang tarif yang terjadi sekarang ini diharapkan menjadi acuan bagi XL dalam penetapan tarif agar sesuai dengan mekanisme pasar dan perilaku konsumen
c.Saluran Distribusi (Place)
Sistem distribusi XL saat ini telah tersebar di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia tergolong cukup intensif dan selektif dengan tujuan untuk menjangkau seluruh masyarakat Indonesia dan memperluas pasar.
d.Promosi (Promotion)
Saat ini promosi yang dilakukan XL sangat gencar dengan tujuan menggebrak pasar yakni
dengan membuat masyarakat menyadari kelebihan produk XL dan lebih memilih untuk menggunakan XL , Selain memanfaatkan media tradisional seperti cetak dan elektronik.Personal selling pada tempat-tempat yang ramai calon pembeli, dan tidak hanya pada event-event tertentu saja dapat dilakukan. Atau melalui social media yang sedang ramai saat ini dapat digunakan XL sebagai saluran
NAMA : KADEK ARTA YASA
ReplyDeleteNIM : 14.01.1.194
JURUSAN : MANAJEMEN
KELAS : EKSEKUTIF (AMPULEN)
UTS MANAJEMEN PEMASARAN
1. Product
GSM Prabayar XL. XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia.
2. Price
XL menawarkan produknya dengan varian harga yang berbeda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen ditambah tarif murah smsnya kesemua operator serta tarif murah internetnya keberbagai fasilitas fitur yang ada sehingga konsumen tertarik untuk menukarkan nilai/uang mereka agar mendapatkan manfaat dari memiliki atau menggunakan kartu perdana XL baik dari segi harga yang kompetitif dan bervarian, tarif bicara, tarif sms dan tarif internetnya yang murah keberbagai fasilitas fitur dengan demikian perusahaan dapat tetap kompetitif dalam menetapkan harga serta varian harganya.
3. Place
STIE Satya Dharma Singaraja. Mahasiswa jurusan manajemen STIE Satya Dharma Singaraja cenderung lebih banyak menggunakan Simcard GSM Prabayar XL dengan jumlah 168 orang (35%) dari total mahasiswa 481 orang. Hal ini membuktikan bahwa XL masih menjadi primadona. XL sudah didistribusikan ke seluruh Indonesia, dan kalangan muda seperti mahasiswa merupakan target pasar yang cocok untuk menguatkan brand image XL.
4. Promotion
Promosi merupakan faktor yang penting dalam menguatkan loyalitas pengguna XL yakni variabel yang mampu menarik dan mengingatkan pelanggan akan produk yang ditawarkan. Faktor-faktor yang menjadi pendorong kuat promosi adalah iklan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas. Dengan kata lain semakin tinggi iklan, personal selling, promosi penjualan dan publisitas maka loyalitas yang dihasilkan akan menguat.
Dari : Nyoman Manika
ReplyDeleteJurusan : Manajemen
Semester : II/eksekutif
NIM : 13.01.1.1.253
Analisis kami berdasarkan teori empat P yaitu Place, Price, Promotion dan Produc sebagai berikut :
1. Place / Tempat : di kaji dari tempat penelitian memang tepat , apalagi kalu bisa ditambah dari kalangan siswa SMU /SMK pemakai XL, ataupun masyarakat umum yang ikut komunitas XL, akan dapat menambah data penyanding lebih banyak sebagai bahan pertimbangan bahwabrand image tersebut menjadi salah satu sumber yang bisa menjadikan pengguna XL tetap loyalitas.
2. Price/Harga : menurut kami harga adalah salah satu sebagai sumber untuk menjadikan titik loyalitas pengguna XL, sebab masyarakat Indonesia pada umumnya dan bali pada khususnya lebih cenderung menggunakan fasilitas dengan harga terjangkau dengan kwalitas layanan yang memuaskan, dengan hrga yang lebih murah dan berkawalitas tentunya bisa menambah dan mempertahankan penggunanya
3. Promotion /Promosi : promosi menjadi salah satu penunjang yang bisa menarik simpatik bagi pemakainya, ataupun yang ingin menggunakan XL, sehingga XL menjadi menarik bahkan bisa pemakai layanan sehingga brand image dengan tidak langsung pasti mengikuti dengan sendirinya.
4. Prodac/Produk : menurut saya bran image bukanlah menjadi paling prioritas sebagai penyebab loyalitas pemakai layanan XL akan tetapi promosi, harga, sasaran pemakai dan produk yang menarik sehingga dengan sendirinya pengguna menjadi loyalitas terhadap XL serta prodac inovasi baru yang bisa membuat pemakai merasa aman dan nyaman menggunakan layanan XL
NAMA : MARDIAH YULIANTI
ReplyDeleteNIM : 14.01.1.193
JURUSAN: S1 MANAGEMEN / EKSEKUTIF AMPULAN
MATA KULIAH : MANAGEMENT PEMASARAN
Analisis Prinsip 4 P Dalam Peningkatan Brand Image PT XL
1. Produk
Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian , pembelian, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan . produk merupakan suatu hasil dari proses produksi yang dipengaruhi oleh suplay and demand yang diperankan oleh fungsi operation dalam penciptaan atau pengadaan barang dan jasa pada basis biaya dan oleh fungsi marketing dalam hal memahami kebutuhan dan keinginan customer. Dalam hal ini PT XL telah menciptakan produk yang dibutuhkan oleh anak muda terutama kaum pelajar dan mahasiswa. Produk XL cukup buming di kalangan anak muda karena keunggulan dari produknya yang dapat memenuhi kebutuhan custemernya, seperti produk yang diberikan XL meberikan banyak keunggulan dikalangan anak muda yang geman telpon – telponan maupun sms dan tidak kalah pentingnya penggunaan media social. Seperti halnya saat ini XL membuat produk dalam bentuk paket ada paket sms bagi yang gemar sms, paket bbm yang gemar bbm, atau telpon yang gemar menelpon yang adapula paket unlimited bagi yang gemar telpon, sms, browsing, facebookj, tweter, instragam dan media social lainnya. Produk XL cukup di gemari di kalangan anak muda karena sejak peluncuran produk XL telah melakukan promosi- promosi baik di sekolah- sekolah, kampus, maupun di beberapa ivent- ivent yang yang diselengkarakan oleh pihak sekolah pihak xl tidak pernah absen untuk mensponsori acara tersebut. Dari snalah produk XL mai dikenal di kalangan pelajar.
2. Price
Dari segi harga produk XL sangat bervariasi misalnya paket sms dan telpon xl yang selalu digemari dengan anak sekolah yang hanya Rp. 5.000,- / minggu. Ini merupakan harga yang sangat murah dan cocok untuk para pelajar. Harga kartu perdana XL pun cukup murah hanya Rp. 3.000,- sudah bisa mendapatkan kartu XL.
3. Promosion (promosi)
Pihak XL dari pertama meluncurkan produknya hingga saat ini masih terus aktif dalam melakukan promosi baik dalam acara pameran, Malam Gelar Seni di kampus maupun event-event disetiap sekolah. Promosi penting dilakukan agar konsumen terus mengingat dan tidak pernah lupa dengan produk XL.
4. Place (tempat/ distribusi)
Distribusi pruduk XL cukup baik terbukti di setiap konter- konter yang ada selalu menyediakan produk XL jadi pelanggan tidak perlu khawatir apabila ingin membeli kartu perdana maupun isi ulang pulsa. Singaraja pun pihak XL sudah menyediakan layanan Custemer Servis yang ditujukan bagi pelanggan yang mungkin memiliki kendala atau masalah perhadap kartu XL.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteNama : Komang Suwandewi
ReplyDeleteNim : 13.01.1.1.255
Jurusan : Manajemen /
Smester : II /Eksekutif
Analisis Prinsip 4 P Dalam Peningkatan Brand Image PT XL
1. Produk
Produk merupakan suatu hasil dari proses produksi yang dipengaruhi oleh suplay and demand yang diperankan oleh fungsi operation dalam penciptaan atau pengadaan barang dan jasa pada basis biaya dan oleh fungsi marketing dalam hal memahami kebutuhan dan keinginan customer. Dalam hal ini PT XL telah menciptakan produk yang dibutuhkan oleh anak muda terutama kaum pelajar dan mahasiswa. Bahkan mayarakat luas.Produk XL cukup buming di kalangan anak muda karena keunggulan dari produknya yang dapat memenuhi kebutuhan custemernya, seperti produk yang diberikan XL meberikan banyak keunggulan dikalangan anak muda yang geman telpon – telponan maupun sms dan tidak kalah pentingnya penggunaan media social. Seperti halnya saat ini XL membuat produk dalam bentuk paket ada paket sms bagi yang gemar sms, paket bbm yang gemar bbm, atau telpon yang gemar menelpon yang adapula paket unlimited bagi yang gemar telpon, sms, browsing, facebookj, tweter, instragam dan media social lainnya.
2. Price
Dari segi harga produk XL sangat bervariasi dan sangat terjangkau oleh kondisi kantong siswa atau mahasiswa..dengan harga yang murah tetapi bisa mendapatkan banyak euntungan dari xl itu sendiri , paket-paket yang diberikan melalu layanan xl sangat beragam dan memiliki harga yang berparisi
3. Promosion (promosi)
Pihak XL dari pertama meluncurkan produknya hingga saat ini masih terus aktif dalam melakukan promosi baik dalam acara pameran, Malam Gelar Seni di kampus maupun event-event disetiap sekolah. Promosi penting dilakukan agar konsumen terus mengingat dan tidak pernah lupa dengan produk XL. Walaupun kita ketahui pengguna xl hampir di seluruh pelosok Indonesia,tapi tidak membuat pt xl berdiam malahan tetap mencari cara apa-apa saja yang haru dilakukan agar xl semakin diterima dimasyarakat
4. Place (tempat/ distribusi)
Distribusi pruduk XL cukup baik terbukti di setiap konter- konter yang ada selalu menyediakan produk XL jadi pelanggan tidak perlu khawatir apabila ingin membeli kartu perdana maupun isi ulang pulsa. Sidi setiap kota XL sudah menyediakan layanan Custemer Servis yang ditujukan bagi pelanggan yang mungkin memiliki kendala atau masalah perhadap kartu XL
Nama : Ni Nyoman Sinariki Nim : 13.01.1.1.254 Jurusan Manajemen
ReplyDeleteSemester : II
Kelas : Eksekutif sore
Jurnal yang sangat menarik untuk diangkat dalam hal ini produk ini memang
benar – benar sangatlah banyak diminati oleh kalangan ,masyarakat pada umumnya dan juga dapat dipakai dan digunakan untuk kelancaran berkomunikasi karena brand image dari poduk tersebut sangatlah berkembang sangat pesat, terutama pengguna kartu XL ini adalah dri kalangan generasi muda yang telah banyak mengenal tekhnologi yang semakin berkembang terutama Android dan sebagainya. Dimana produk ini sudah ada sejak lama dan perlaha produk ini sudah meningkat dengan adanya promosi besar besaran guna menghimbau dan mempromosikan produk yang ada agar lebih tamba dikenal lagi . dalam hal ini banyak sekali manfaat dari produk ini yang sangat membantu masyarakat dalam berkomunikasi. Dimana sangatlah mudah untuk jaman sekarang mencari tempat ataupun counter yang disediakan guna melayani pelanggan sebagai nasabah ataupun pengguna. bukan hanya dikota besar bahkan dipedesaanpun sekarang perusahaan yang bergerak dalam hal ini sudah masuk guna mempermudah masyarakat untuk mendapat informasi dan mendapatkan kebutuhan yang mereka perlukan dalam produk ini. Disamping produk yang sangat bagus dan mampu merangkul serta menggait masyarakat banyak harga yang ditawarkan pun sangatlah terjangkau sehingga meskipun masarakat kecil pun bisa membeli dan mampu mengakses jaringan dengan produk yang sudah ada ini berbagai promosi dilakukan dengan berbagai tema sehingga masyarakat semakin bersemangat untuk terus dan tetap menggunakan produk ini karena dalam hal ini sudah dirasakan manfaatnya.maka dalam jurnal yang diangkat ini merupakan salah satu bagian dari promosi dan juga pembuktian bahwa minat akan produk ini sangat tinggi.
NAMA : I KADEK JONI SUPRAPTA
ReplyDeleteNIM : 13.01.1.1.252
JURUSAN : MANAJAMEN
SEMESTER :II
PRODUCT
XL merupakan salah satu operator terbesar di indonesia yang memilik jaringan yang sangat luas. XL juga memiliki berbagai macam fitur untuk menarik minat pelanggan.
PRICE
Kartu perdana XL dominan diminati oleh kalanggan remaja karena memiliki berbagai macam farian harga dari yang mahal sampai harga yang sangat murah, dan juga dengan paket-paket yang sangat hemat seperti paket nellfon, sms, dan juga berbagai pilihan paket internet.
PLACE
Distribusi kartu perdana XL memang sudah sangat luas, tetapi kendala gangguan sinyal disuatu tempat atau daerah masih sering terjadi yang membuat minat pelanggan jadi berkurang.
PROMOTION
Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen XL terus melakukan promosi baik dengan melalui media iklan dan juga dengan menambah fitur fitur menarik lainnya
Nama:Ketut ola ersianing
ReplyDeleteNim:13.01.1.1.248
Jurusan: Manajemen
Klas:eksekutif
Semester:II
PRODUCT
XL merupakan produk operator seluler yang sudah di kenal oleh kalangan luas terutama di kalangan anak muda khususnya pelajar,selain mudah di temukan di konter-konter terdekat,XL memiliki banyak pilihan paket hemat,seperti paket internet,bbm,nelpon,sms,dan banyak lagi pilihan paket lainnya guna memanjakan para pelanggannya.
PRICE
harga merupakan salah satu faktor yang terpenting dalam setiap produk,dilihat dari segi harga operator XL menawarkan harga yang sangat murah cukup hanya dengan Rp 5000,- kita sudah bisa mendapat kartu perdana+pulsa.
disamping kartu perdana yang sangat murah Xl juga menawarkan paket harga superhemat cukup dengan 6rb kita bisa menikmati nelpon 50menit+50sms+5mb untuk 5hari,sangat murah bukan pas buat kalangan anak muda.
PLACE
Jaringan XL sudah sangat luas hingga ke plosok-plosok,sinyalnya pun sangat kuat.selain itu XL bisa di temukan di hampir setiap konter-konter yang ada.
PROMATION
XL sering ikut serta dalam setiap even-event di sekolah maupun di kampus,selain itu juga XL terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggannya itulah yang membuat Xl semakin cintai oleh para pemakainya