Dulu produk lelaki dan perempuan mempunyai relung pasar tersendiri, kini
cenderung kabur. Dulu celana jean sangat identik dengan cowboy dan itu laki, kini jean menjadi identitas semua orang, dari anak
kecil hingga usia tua tanpa gender. Contoh lain, Gillette adalah produk
kejantanan lelaki. Lelaki merasa gagah mencukur kumis dan jangut dengan Gillette
apalagi plus busa. Kini Gillette sudah diperkosa kaum lipstick (baca; perempuan).
Entah bulu mana yang mereka cukur
dan rapikan. Jika Gillette masih hidup, tentu dia sangat gembira. Dan mungkin
mengatakan, sungguh produk yang baik dengan perilaku yang buruk.
Nama : Ni Nyoman Sinariki
ReplyDeleteJur : Eksekutif Manajemen
Nim : 13.01.1.1.254
sem : II
soal 1
Menurut saya kajian dari Artikel tersebut adalah bagaimana suatu produk dapat menjelajah berbagai kalangan, untuk bisa dapat menjual atau memasarkan barang yang dihasilkan. tanpa mengenal kendala dan hambatan yang ada, selama produsen mampu memenuhi kebutuhan konsumen tanpa merugikan aspek lain dalam artian meskipun hal itu akan berbeda alur, penggunaan ataupun manfaatnya. suatu produk akan laris dan laku pesat jika seorang produsen mampu memasarkan atau mempromosikan barang yang dihasilkan dengan trik dan cara yang handal dalam artian memiliki kinerja untuk membuat sesuatu yang baru dan dapat diterima oleh masyarakat umum. dalam artikel ini dijelaskan bagaimana suatu produk tersebut dapat masuk dan diterima secara lugas oleh konsumen terutama masyarakat luas. dalam hal ini tempat, harga , kualitas barang dan juga pemasaran masih sangat diperlukan.
Soal 2
faktor dominan yang mempengaruhi isi artikel tersebut adalah dalam hal ini adalah qualitas, kuantitas, manfaat dan daya guna. bagaimana suatu produk mampu memberikan sesuatu yang baru dan mampu memberikan manfaat yaitu multi guna yang bisa diterima oleh kalangan masyarakat. meskipun kelihatan aneh akan tetapi keanehan atau keunikan akan suatu produk tersebut dapat ditonjolkan untuk memasarkan atau mempromosikan barang barang baru yang ada. dalam hal ini meskipun kelangkaan akan suatu produk pasti akan sangat memancing minat konsumen dengan rasa penasaran ingin mencoba, dan disaat inilah kita sebagai produsen akan suatu produk ini harus mampu memilih tempat yang tepat untuk dapat mempromosikan barang yang dimiliki dengan tanpa mengesamping kan harga agar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat. dalam kata lain "barang bagus belum tentu mahal" akan tetapi bagaimana kita bisa menciptakan suatu produk dengan kualitas yang bagus dan dapat memberikan harga yang bagus pula untuk masyarakat.
Nama : Luh Indrawati
ReplyDeleteNIM: 14.01.1.195
Jurusan : Manajemen Eksekutif (Ampulan)
Jawaban:
1. Menurut saya kajian artikel tersebut berdasarkan konsep marketing yaitu produk yang dipaparkan pada artikel tersebut sudah menyasar berbagai kalangan baik pria maupun wanita. Dulu produk lelaki dan perempuan mempunyai relung pasar tersendiri, kini cenderung kabur. Saat ini produk pria sudah tidak bisa memonopoli untuk dipakai oleh pria saja tetapi pria dan wanita pada zaman sekarang memiliki kebutuhan yang hampir sama. Berdasarkan adanya kebutuhan, keinginan dan permintaan tersebut maka produsen mulai menangkap peluang untuk membuat produk yang dulunya khusus pria sekarang bisa juga digunakan oleh wanita dan begitu juga sebaliknya. Produsen berkewajiban memberikan mutu yang baik dari produk tersebut dann memeberikan kepuasan kepada pelanggan. Faktor utama yang harus diperhatikan yaitu kualitas produk, dimana pelanggan akan merasa puas bila hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas, kualitas pelayanan, pelanggan akan merasa puas bila mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan yang diharapkan. Pelanggan akan merasa bangga dan cenderung mempunyai tingkat kepuasan lebih tinggi. Kepuasan yang diperoleh bukan karena kualitas dari produk tetapi nilai sosial atau self esteem yang membuat pelanggan menjadi puas terhadap merek tertentu. Produk yang mempunyai kualitas sama tetapi menetapkan harga yang relatif murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi kepada pelanggannya. Selanjutnya pertukaran transaksi dan membina hubungan yang baik kepada konsumen. Dalam artikel ini dijelaskan bagaimana suatu produk tersebut dapat masuk dan diterima secara luas oleh konsumen pria maupun wanita, sehingga tercipta pasar tersendiri untuk produk yang dijual.
2. Faktor dominan yang mempengaruhi isi artikel tersebut adalah kemampuan untuk menemukan pangsa pasar dengan konsep marketing mix, yang dulunya suatu produk hanya bisa dipakai pria namun seiring berjalannya waktu kebutuhan yang meningkat juga bisa dipakai oleh wanita begitupun sebaliknya. Hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan didasarkan atas kualitas suatu produk, serta manfaat dan daya guna dari produk tersebut. Bauran pemasaran harus selalu dapat bersifat dinamis, selalu dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan eksternal maupun internal. Faktor eksternal yaitu faktor diluar jangkauan perusahaan yang antara lain terdiri dari pesaing, teknologi, peraturan pemerintah, keadaan perekonomian, dan lingkungan sosial budaya. Sedangkan faktor internal adalah variabel-variabel yang terdapat dalam marketing mix yakni : Product (produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion. Oleh sebab itu social learning harus mampu diterapkan. Pendekatan social learning memberikan suatu dasar untuk suatu model konsepsi yang menyeluruh bagi perilaku produk.
Berdasarkan adanya kebutuhan, keinginan dan permintaan tersebut maka produsen mulai menangkap peluang untuk membuat produk yang dulunya khusus pria sekarang bisa juga digunakan oleh wanita dan begitu juga sebaliknya. Produsen berkewajiban memberikan mutu yang baik dari produk tersebut dann memeberikan kepuasan kepada pelanggan. Faktor utama yang harus diperhatikan yaitu kualitas produk, dimana pelanggan akan merasa puas bila hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas, kualitas pelayanan, pelanggan akan merasa puas bila mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan yang diharapkan. Pelanggan akan merasa bangga dan cenderung mempunyai tingkat kepuasan lebih tinggi. Kepuasan yang diperoleh bukan karena kualitas dari produk tetapi nilai sosial atau self esteem yang membuat pelanggan menjadi puas terhadap merek tertentu.. suatu produk akan laris dan laku pesat jika seorang produsen mampu memasarkan atau mempromosikan barang yang dihasilkan dengan trik dan cara yang handal dalam artian memiliki kinerja untuk membuat sesuatu yang baru dan dapat diterima oleh masyarakat umum.
ReplyDeleteNama : Komang Suwandewi
ReplyDeleteNIM : 13.10.1.1.255
Jurusan : Manajamen Exekutif
Smtr :
1. Menurut saya, kajian tentang artikel itu adalah, dimana produsen secara berlomba-lomba memnuhi kebutuhan konsumen yang mana produk dipasarkan menyasar seluruh kalangan tanpa membedakan gender , seperti yang dijelaskan di artikel diatas bahwasanya produk yang dlu hanya dikususkan untuk laki-laki tetapi saat ini perempuan malahan lebih banyak menggunakan.dijaman skrang ini lai-laki dan perempuan hampir sama kebutuhannya yaitu memerlukan produk yang bisa membuat mereka terlihat sempurna dimata orang lain, dan banyak produk wanita yang digunakan oleh laki-laki dan begitu sebaliknya..jadi produsen menangkap situasi itu untuk menghasilkan produk yang laris dipasaran.
2.Faktor-faktor yang dominan mempengaruhi isi artikel ini adalah bagaimana produk yang dihasilkan produsen mampu menembus pasar atau malahan menjadi produk yang diminati atau disukai para konsumen dari smua lapisan masyarakat , yang terpenting dari produk iru terdapat kualitas yang bagus serta harga yang bisa dijangkau oleh masyarakat serta bermanfaat untuk semua.kemasan produksinya juga harus menarik, karena cover yang menarik salah satu daya tarik konsumen.
nama: ketut adi wiranata
ReplyDeletenim: 13.01.1.098
jurusan: manajemen
selamat pagi pak disina saya akan berpendapat
dari Artikel tersebut adalah bagaimana suatu produk dapat menjelajah
berbagai kalangan, untuk bisa dapat menjual atau memasarkan barang yang dihasilkan. tanpa mengenal kendala dan hambatan yang ada, selama produsen mampu memenuhi kebutuhan konsumen tanpa merugikan aspek lain dalam artian meskipun hal itu akan berbeda alur, penggunaan ataupun manfaatnya. suatu produk akan laris dan laku pesat jika seorang produsen mampu memasarkan atau mempromosikan barang yang dihasilkan dengan trik dan cara yang handal dalam artian memiliki kinerja untuk membuat sesuatu yang baru dan dapat diterima oleh masyarakat umumFaktor dominan yang mempengaruhi isi artikel tersebut adalah kemampuan untuk menemukan pangsa pasar dengan konsep marketing mix, yang dulunya suatu produk hanya bisa dipakai pria namun seiring berjalannya waktu kebutuhan yang meningkat juga bisa dipakai oleh wanita begitupun sebaliknya.
UAS MANAGEMENT PEMASARAN
ReplyDeleteNAMA : MARDIAH YULIANTI
JURUSAN : S1 MANAGEMENT / EKSEKUTIF AMPULAN
NIM : 14.01.1.1.193
1. Jika dilihat dari segi marketing banyaknya produk wanita yang laku dikalangan laki- laki maupun sebaliknya tidak terlepas dari kualitas suati prosuk dan layanan, manfaat bagi target konsumen, usaha pemasaran, harga terbaik dan kompetitif, praktis dalam penggunaan dan distribusi. Dalam hal ini produk jeans pria tentunya sudah dibuat agar nyaman dipakai oleh wanita serta memberikan nilai manfaat bagi konsumen dimana wanita akan tampak lebih gaya dan tampil berbeda dari biasanya. Begitu juga pria yang menggunakan kosmetika yang merupakan kebutuhan agar tampak lebih fress yang tentunya suatu produk tersebut telah disesuaikan bagi sasaran pemakainya. Pihak produsen yang jeli melihat kondisi tersebuk dapat dijadikan peluang dalam menciptakan produk yang berbeda dari biasanya.
2. Bersdasarkan konsep bauran pemasaran yang dapat saya lihat dalam artikel tersebut antara lain Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli. Produk tersebut terdiri dari produk variety, quality, design, feature, brand name, packing, size, servis, warranties, returns. Proses yang berhubungan dengan metode pengeoperasian atau serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyajikan produk dan layanan yang baik bagi pelanggan. Dalam hal ini produk yang dinamis dan selalu dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan serta memberikan manfaan dan daya guna bagi konsumen akan selalu diminati oleh kunsumen.
UAS MANAGEMENT PEMASARAN
ReplyDeleteNAMA : IRMAN FIRMANSYAH
JURUSAN : S1 MANAGEMENT
NIM : 14.01.1.1.246
SEMESTER II
1.Dalam konsep marketing justru sekarang ini lebih menguntungkan bagi produsen brand tersebut. Karena produk yg asalnya hanya di khususkan untuk gender tertentu, kini produk tersebut dapat menarik pasar multigender. Sehingga tidak membuat anggaran untuk pemasaran produk tersebut menjadi membengkak dan lebih fleksible. Dan dengan adanya produk yg dapat digunakan secara umum ( baik laki-laki maupun perempuan) maka income perusahaan tersebut lebih besar.
2.Faktor-faktor yg dominan dalam artikel tersebut adanya pemakaian produk yang tadinya hanya dikhususkan kepada gender tertentu kini seiring jalannya waktu konsumen sendiri yang mengubah predikat “men only atau women only” menjadi “can use for all”. Dengan konsep pemasaran social learning, sehingga produsen dapat mengetahui perubahan pasar dan apa yg dibutuhkan oleh pasar
Nama: ketut ola ersianing
ReplyDeleteNim : 13.01.1.1.248
Jurusan: Manajemen Eksekutif
semester: II
1.kajian artikel di atas dalam konsep marketing sungguh menarik dimana produk yang di peruntukan oleh laki-laki di minati oleh semua kalangan itu berarti konsep marketing produk yang di tawarkan tersebut bisa diterima dengan baik oleh konsumennya,Di era sekarang perbedaan gender tidaklah jadi masalah, produk yang di katakan sukses adalah produk yang di cintai konsumennya,untuk itulah yang menjadi tantangan setiap perusahaan untuk menawarkan produknya dengan kemasan yang menarik,unik,berkwalitas,murah,terjamin,dan bisa di terima semua kalangan,sehingga memiliki konsumen-konsumen yang loyal dan fanatik.itulah yang menjadi sasaran marketing setiap perusahaan.
2.faktor-faktor yang mempengaruhi artikel diatas adalah produk yang di terima oleh semua kalangan,metode pemasaran yang menarik,harga yang terjangkau,brand yang sudah dikenal oleh masyarakat umum,produk yang mudah didapat,dan juga kepuasan konsumen bisa di penuhi,sehingga produk tersebut bisa terus dicari dan dipakai oleh konsumennya.
Nama : Gede Angga Adi Artama
ReplyDeleteNim : 13.01.1.1.250
jurusan : Manajemen
kelas : eksekutif
semester : 2
1. Menurut saya, kajian dari artikel tersebut berdasarkan Konsep Marketing dimana produk yang dimunculkan bersifat fleksibel yang mana produk tersebut bissa digunakan oleh berbagai kalangan baik pria maupun wanita. Saat ini produk pria tidak hanya diminati oleh kalangan pria saja melainkan dari kalangan wanita juga menggemari atau sering menggunakan produk pria tersebut, karena dimasa ini kebutuhan pria dan wanita relatif sama. Maka dari itu, produsen dituntut agar lebih kreatif dan meningkatkan kualitas dari produk tersebut. Disamping itu faktor harga juga sangat menentukan banyak atau sedikitnya tingkat pemintaan dari produk tersebut.
2. Faktor-faktor yang dominan mempengaruhi artikei ini salah satunya adalah mengenai keberhasilan dari suatu produk yang bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat, yg dimana sebelumnya produk hanya diperuntukan untuk salah satu gender , tapi seiring perubahan waktu dan kebutuhan, produk tersebut bisa diminati oleh semua kalangan baik Paria maupun Wanita , faktor brand dan harga juga sangat mempengaruhi keberhasilan produk tersebut , harga yang terjangkau dan kualitas bagus dari brand tersebut menjadikan produk tersebut diterima dan diminati masyarakat luas.
Nama : Nyoman Manika
ReplyDeleteNIM : 13.01.1.1.253
Semester : II/Eksekutif
Jurusan : Manajemen
1. Kaji artikel di bawah ini dengan konsep marketing.
Artikel diatas menyatakan bahwa para marketing tersebut termasuk sukses, karena bisa merubah image/pandangan dari pemakainya seperti produc jean dan giletee, sedemikian hebatnya para marketing bisa menarik simpati bisa merubah paradigm/ maen seat dari penggunanya, karena tidak mudah merubah bisa mengajak untuk menggunakan produc yang dia kemas.
2. Sebutkan faktor-faktor apa saja yang dominan memengaruhi isi artikel di bawah ini, dengan konsep bauran pemasaran.
Factor –faktor nya yaitu :
- Product (produk) dimana produk tersebut merupakan produk yang berkwalitas dimana semua pengguna bisa menggunakan produk yang dihasilkan tersebut seperti Jean dan Gillette, produk tersebut bahkan selalu bisa menjadi selalu ingat dan ingin memakainya lagi.
- Price (harga), dari segi hargadari produk Jean dan Gillette sudah barang yang dianggap biyasa baik kalangan perempau dan laki- laki karena produk yang ditawarkan dengan berbagai macam harga dari yang termurah sampai yang termahal, dengan bentuk yang berbeda pula.
- Place (tempat), dari segi tempat bahwa barang yang dihasilkan ataupun yang digunakan sangatlah bagus dengan kenyataan nya Jean ataupun Gillette di tempat para wanita ataupun pria bisa diterima baik dari segi dipakainya ataupun kegunaanya
- Promotion (promosi), dari segi promosi juga perlu,akan tetapi karena produk-produk tersebut sudah melekat di pikiran baik laki-laki maupun perempuan, hanya perlu mengingatkan kembali dari produk tersebut terhadap penggunanya agar penggunanya tetap loyal dan tetap mau memakai produknya, , promotin perlu disaat ada produk baru yang dihasilkan dan menambah varian bentuk, warna, serta yang lainnya yang tetap bisa menarik pemakainya agar tetap loyal terhadap produk Jean dan Gillette.
UAS Manajemen Pemasaran
ReplyDeleteNama : Kadek Arta Yasa
Nim : 14.01.1.194 / Nim Baru : 14.01.1.198
Jurusan : Manajemen
Kelas : Eksekutif
1. Dalam artikel tersebut jika dikaji dengan konsep marketing maka produk tersebut telah menyasar pada semua kalangan baik pria maupun wanita. Hal ini tidak terlepas dari kualitas produk yang dibuat agar bisa nyaman digunakan oleh konsumen. Konsep marketing mencakup 6 hal yaitu konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global. Sehingga konsep pemasaran yang bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen telah tercapai. Pemasaran sukses jika produk yang dijual bisa ke tangan konsumen dengan cakupan wilayah pemasarannya terus meluas, sehingga tujuan dari perusahaan untuk mendapat laba akan tercapai. Dalam hal ini produsen telah jeli dalam melihat perubahan prilaku konsumen tersebut dengan membuat produk yang ada menyasar ke semua kalangan.
2. Faktor yang dominan mempengaruhi isi artikel tersebut adalah kemampuan untuk menemukan pangsa pasar dengan konsep bauran pemasaran. Bagaimana suatu produk bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat, dimana produk yang sebelumnya hanya diperuntukkan untuk pria bisa laku di kalangan wanita, begitupun sebaliknya. Hal ini tidak terlepas dari kualitas produk yang dibuat agar bisa nyaman digunakan oleh konsumen. Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Pendekatan social learning akan membuat produsen dapat mengetahui perubahan pasar dan apa yg dibutuhkan oleh pasar.
Nama : I Kadek Joni suprapta
ReplyDeleteNim : 13.01.1.1.252
Jurusan : manajemen
Semester : II
1. Dari artikel di atas produk yang di pasarkan bisa dipakai oleh semua kalangan, sehingga produk produk yang dipasarkan tidak hanya diminati oleh kaum pria saja tetapi juga bisa digunakan oleh wanita, begitupun sebaliknya. Sehingga Produsen berkewajiban memberikan mutu yang baik dari produk tersebut dann memeberikan kepuasan kepada pelanggan. Faktor utama yang harus diperhatikan yaitu kualitas produk, dimana pelanggan akan merasa puas bila hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk yang mereka gunakan berkualitas, kualitas pelayanan, pelanggan akan merasa puas bila mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau yang sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga produk yang di pasarkan sangat laku dijual.
2. Faktor yang dominan dari artikel di atas kualitas suatu produk yang sangat diminati oleh masyarakat karena produk tersebut sudah memiliki brand yang sangat baik dan juga bisa digunakan oleh semua kalangan. Oleh karena itu produsen harus terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk tersebut sehingga semakin banyak konsumen yang meminati produk tersebut.