Monday, February 3, 2014

SEBENING GELAS YANG PECAH





Pertengkaran birokrasi, politik picik dan perselisihan kekuasaan, tentunya sedikit banyak kita dapat membacanya di buku. Ada sedikit analisa dari bangsa manajemen tentang apa sebenarnya yang kira-kira terjadi:

1) Masing-masing departemen bisnis mengklaim bahwa kinerja dimulai dari pihak saya, dan begitu pula sebaliknya), saya yakin tkinerja ini dimulai oleh saya (baca; ego sektoral). 

2 comments:

  1. Birokrasi berfungsi untuk mempertahankan privilage danstatus quo bagi kepentingan kelas kapitalis. Dalam pandangan Marx yang berbeda dengan Hegel, birokrasi merupakan sistem yang diciptakan oleh kalangan atas (the have) untuk memperdayai kalangan bawah (the have not) demi mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan mereka sendiri. Dalam hal ini birokrasi menjadi kambing hitam bagi kesalahan penguasa terhadap rakyatnya. Segenap kesalahan penguasa akhirnya tertumpu pada birokrasi yang sebenarnya hanya menjadi alat saja.Hegel berpendapat birokrasi adalah medium yang dapat dipergunakan untuk menghubungkan kepentingan partikular dengan kepentingan general (umum). Sementara itu teman seperjuangannya Karl Marx berpendapat bahwa birokrasi merupakan instrumen yang dipergunakan oleh kelas yang dominan untuk melaksanakan kekuasaan dominasinya atas kelas-kelas sosial lainnya, dengan kata lain birokrasi memihak kepada kelas partikular yang mendominasi tersebut.

    ReplyDelete
  2. Didalam pemikiran saya hakikat birokrasi disebab oleh lembaga ,
    inilah tampak kaku yang dikuasai oleh orang-orang di belakang meja. Mengapa demikian ?

    Sebab di dalam pendekatan institusional (kelembagaan), khususnya di dalam skema, tercantum 'lalu-lintas' administrasi negara dari eksekutif 'turun' ke Kebijakan Administrasi, lalu ke Administrasi dan yang terakhir ke pemilih. Artinya, setiap kebijakan setiap kebijakan negara yang yang diselenggarakan pihak eksekutif diterjemahkan ke dalam bentuk kebijakan administrasi negara, di mana pelaksanaan dari administrasi tersebut dilakukan oleh lembaga birokrasi. Kita mungkin mengenal badan-badan seperti Departemen, Kanwil, Kantor Kelurahan, Kantor Samsat, di mana kantor-kantor tersebut semua merupakan badan-badan birokrasi negara yang mengimplementasikan kebijakan negara dan bersifat langsung berhubungan dengan masyarakat.

    By''; Ahmad Rudi

    ReplyDelete