Monday, March 3, 2014

KEPOMPONG SI KREATIF



Aqua, Ades, Vit, Club, Aquaria berbaris-berjejer dengan sikap merek-nya serta perilaku kreatif-nya dewe-dewe di benak konsumen. Namun demikian, sikap dan perilaku musti dipahami dengan persoalan pengembangan bukan kemunduran serta berhubungan dengan produktifitas sebagai alat kemakmuran yang merupakan afiliasi pembagian kerja sebagai alat perdamaian dan identitas sebagai penyatu.

95 comments:

  1. Sangat setuju.karena ditinjau dari kepentingan konsumen, dengan banyaknya kompetitor akan dapat menyehatkan harga dan konsumen mempunyai banyak pilihan dalam menentukan selera.Bagi perusahan yang bergerak diindustri ini dengan banyaknya kompetitor harus menyikapi secara positif.persaingan ini, mereka harus mampu berinovasi dan berkreasi meningkatkan kualitas produknya dan juga penyajian kemasannya sehinnga mampu bersaing. Bagi pemerintah setempat dengan banyaknya industri ini menunjukkan konsumsi terhadap air mineral masyarakat setempat sangat tinggi ini membuktikan bahwa daerah tersebut perekonomiannya relatif bagus dan industri ini juga akan memberikan dampak multiplayer effect bagi masyarakat sekitarnya


    Made Wawan Andika
    Nim:13.01.1.1.171
    Jurusan;Manajemen/semester III

    ReplyDelete
  2. saya sangat setuju dengan merk produk-produk diatas... semoga nnti merk dari produk diatas menjadi manfaat dseluruh dunia dan menjadi produk minuman sehat..

    nama. i gede sukayasa
    nim. 12.01.1.1.1069

    ReplyDelete
  3. menurut saya bagi perusahan yang bergerak diindustri ini dengan banyaknya kompetitor harus menyikapi secara positif.persaingan ini, mereka harus mampu berinovasi dan berkreasi meningkatkan kualitas produknya dan juga penyajian kemasannya sehinnga mampu bersaing di dunia kerja. dan semoga menjadi produk nomber 1 di duni.

    nama. putu yudi arta
    nim. 1201111068

    ReplyDelete
  4. menurut saya : perusahaan yang memilih industri minuman,, harus pintar2 mengeluarkan ide kreatif ,,supaya bisa bersaing di dunia industri atau pasar. dan harus berinovasi dalam kemasan ,rasa serta kualitas produknya.
    semoga produk dalam negeri tidak kalah saing dengan produk dari luar ,, sehingga menjadi produk yang bisa multinasional.

    Nama : Komang Bayu Saputra
    Nim : 12.01.1.1.1065

    ReplyDelete
  5. Planning, Organization, Actuating and Controlling merupakan hal yang harus dilampaui oleh sang kreatif dan juga diharapkan mampu memperkirakan atau memprediksi kemungkinan apa yang akan terjadi dikemudian hari baik itu dari kritikan maupun saran sehingga membuat produk tersebut menjadi tetap exis.Dimana pemilihan nama dan slogan juga sangat penting agar konsumen bisa mudah mencerna kata - kata yang dipakai,karena kebanyakan iklan menggunakan kata – kata untuk slogannya terlalu kreatif jadinya kebanyakan masyarakat tidak mengerti,bukannya tertarik malah menjadi ejekan belaka.Dan untuk itu suatu perusahaan juga harus pintar - pintar dalam menjaga kualitas produknya.Kemasan boleh berganti sesuai dengan imajinasi,tetapi kualitas janganlah sampai berganti.

    Nama : ketut gede hendra surya putra
    Nim : 13.01.1.1.004
    kelas :Reg.sore
    Semester 3

    ReplyDelete
  6. menurut saya sangat setuju karena dimana persaingan dalam produk minuman yang sama dengan nama yg berbeda sangatlah sulit, tetapi disini dalam persaingan kita harus pintar mecari peluang dan kreatifitas dalam memasarkan produksi tersebut biar dimana produk yg kita pasar kan bisa laku dan bisa bersaing dengan merek lain

    Nama : I MADE BALIANA
    Nim : 12.01.1.1.1092
    Kls : Reguler Sore / manajemen

    ReplyDelete
  7. memang kreatif adalah kunci utama keberhasilan dari satu produk, namun harus tetap didampingi dengan keteguhan dalam proses penciptaannya sampai dengan bisa booming dan terkenal di semua kalangan masyarakat.dengan adanya kompetitor bukan berarti ketakutan akan tersaingi namun sebaliknya harus digunakan sebagai motivasi untuk menambah satu inovasi dalam produk baik dari cara pemasarannya atau yang lainnya. sesuatu yang dilakukan itu mungkin keluar dari kaedah-kaedah manajemen yang ada namun seperti apa yang telah diungkapkan sebelumnya yaitu berbasis solusi yang positif, kenapa nggak? lama-kelamaan tanpa kita sadari suatu produk bisa menjadi satu nama yang akan terus melekat dalam lingkungan masyarakat, seperti Aqua, setiap kita ingin membeli minuman mineral kemasan pasti akan kita bilang beli aqua, meskipun yang kita beli sebenarnya itu adalah ades. jadi kreatifitas itu sangat perlu dalam menciptakan suatu produk

    Nama : Ni Komang Suryani Wulandari
    NIM : 12.01.1.1.1056
    Kelas : Manajemen/Reguler Sore

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Menurut saya dengan adanya produk air mineral seperti Aqua, Ades, Vit, Club, Aquaria di pasar Global saat ini bisa memberikan konstribusi yang tepat kepada para konsumen dengan selalu berinovasi dan bersaing secara sehat di dunia pasar dengan produk-produk yang di pasarkan ke masyarakat dengan meningkatkan produktifitas dan kualitas produknya,dengan banyaknya merek-merek air mineral tersebut jadi bisa membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat dengan bekerja di masing-masing pabrik dari produk-produk tersebut.


    Nama : Kadek Dedi Kerta Sujaya
    NIm : 12.01.1.1.1061
    Kelas : Manajemen/Reguler Sore
    Semester : 3

    ReplyDelete
  10. Menurut saya…dalam era persaingan yang semakin ketat. perusahaan harus mengevaluasi kinerjanya, serta melakukan serangkaian perbaikan, agar tetap tumbuh dan dapat bersaing dengan sehat. Perbaikan ini dilaksanakan secara terus menerus, sehingga kinerja perusahaan makin baik dan dapat terus unggul dalam persaingan, atau minimal tetap dapat bertahan.
    nama: luh indayani
    nim : 12.01.1.1.1053

    ReplyDelete
  11. Bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) semakin menggiurkan, karena kebutuhan akan air minum terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Perusahaan yang menggarap bisnis AMDK pun semakin banyak dan terus melakukan ekspansi untuk memperluas jaringan pasar produk-produknya.
    Penjualan soft drink meningkat secara cepat sejalan dengan lebih banyak warga Indonesia bergabung dalam kelas menengah. Dari segi penjualan industri ini mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Pada 2002, terjadi kenaikan 30 persen dibandingkan tahun 2001 dari 5, 4 miliar liter menjadi 7,1 miliar liter. Meski AMDK bisnis ”basah”, bukan tak berarti ada ganjalan. Maraknya depot air minum mau tak mau ”memaksa” industri AMDK mengoreksi target yang ditetapkan, menjadi 10 persen, karena terganggu dengan maraknya depot air minum yang dinilai menggerogoti pasar AMDK. AMDK harus terus gencar melakukan promosi untuk memelihara pangsa pasar yang dimiliki. Banyak pelaku usaha yang selalu menghadapi masalah saat menghadapi persaingan. Salah satu cara yang bisa dilakukan pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing adalah membangun merek (branding). merek adalah identitas yang menempel dan memiliki arti tersendiri di benak konsumen. Itu sebabnya pelaku usaha perlu membangun brand mereka. Berikut 10 alasan pentingnya merek yaitu:
    1. Brand menempel di Ingatan
    2. Brand adalah asset
    3. Brand menggugah sisi emosional konsumen
    4. Brand menciptakan totalitas pada layanan usaha
    5. Brand memudahkan pelanggan menemukan bisnis kita
    6. Brand menciptakan kepribadian
    7. Brand memiliki kekuatan untuk menarik konsumen
    8. Brand akan menghemat biaya usaha
    9. Brand mempengaruhi perilaku pembelian
    10. Brand dan personal branding saling terkait
    Semoga persaingan yang dilakukan tetap pada kerangka persaingan yang sehat dan produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar negeri.

    Nama : Ni Komang Sukariantini
    Nim :12.01.1.1.1077
    Semester 3 Reguler Sore

    ReplyDelete
  12. Nama : Komang Ria Defriyani
    NIM : 13.01.1.1.035
    Kelas : Manajemen Sore / Semester III

    Menurut saya, disamping faktor-faktor produksi yang meliputi tenaga kerja (labor), modal (capital), sumber daya fisik (physical resources), kewirausahaan (entrepreneurship), dan sumber daya informasi (information resources) sebagai penunjang produktifitas agar perusahaan dapat berkembang. Setiap perusahaan juga harus meningkatan kreatifitas sebagai faktor pendorong yang lain seperti yang telah terpapar pada artikel di atas. Perusahaan yang tingkat produktifitasnya tinggi dan berkembang, lebih-lebih berkembang pesat yaitu mereka yang selalu mempunyai daya cipta atau kreativitas yang tinggi selain produk tersebut juga memang kebutuhan para konsumen. Kreatif adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada. Dengan adanya ide-ide baru hasil dari kreatif itu sendiri dan juga mampu diterima dikalangan konsumen nantinya, maka perusahaan akan tetap beroperasi untuk tetap berproduksi memenuhi kebutuhan konsumen. Hal itu akan mengakibatkan persaingan yang semakin ketat, dan perusahaan yang satu dengan yang lain akan terus melakukan inovasi demi menghasilkan kualitas yang terdepan, yang tentunya untuk menarik konsumen sebagai pelanggan.

    ReplyDelete
  13. “Out of the book”, kata ini sering kali kita dengar. Berpikiran keluar jalur dari kaedah yang sudah ada, kadang perlu dilakukan untuk melahirkan sesuatu yang baru. Namun sehebat dan sebagus apapun sebuah merek dan strategi pemasaran suatu produk, tetap tidak akan mampu menandingi yang namanya “kualitas”. Kita ambil salah satu contoh merek dagang misal “Aqua”. Menurut saya kesuksesan Aqua tidak semata mata karena kehebatan strategi pemasarannya, tapi karena memang sudah terbukti kualitasnya. Pernahkah anda mendengar pendapat, kalau air aqua berasa air kelapa? Saya sendiri sempat meragukan kebenaran pendapat tersebut, tapi setelah saya mencoba sendiri memang benar, rasa air aqua memang mirip dengan rasa air kelapa muda. Nikmatnya air kelapa akan mampu menandingi air biasa. Jadi menurut saya kejelian dalam menangkap apa sebetulnya yang diinginkan konsumen adalah paling penting. Adanya suatu produk berawal dari sebuah imajinasi, imajinasi yang diramu dengan ide kreatif akan melahirkan suatu produk yang hebat.

    Nama : Made Yoko Darmasatara Yasa
    Nim : 13.01.1.1.173
    Semester : Ampulen

    ReplyDelete
  14. saya sangat setuju dengan apa yang dipaparkan secara singkat pada postingan di atas. Karena banyak produk - produk di pasaran yang notabene-nya memiliki base yang sama namun dengan cover yang berbeda. Seperti yang disampaikan sebelumnya, dengan adanya produk dengan base yang sama namun dengan cover yang berbeda itu dapat membuat pasar dan pemasaran lebih sehat. Hal itu dikarenakan adanya fungsi substitusi dari produk - produk yang diciptakan tersebut. Seperti produk di atas contohnya. Produk air mineral AQUA merupakan sebuah produk air mineral yang melegendaris dari dulu sampai dengan masa sekarang. Misalnya saja suatu saat konsumen berbelanja di suatu warung atau outlet. Konsumen tersebut berniat akan membeli air mineral. Secara otomatis konsumen tersebut akan mengatakan kepada penjaga warung akan membeli aqua walaupun nanti pada kenyataannya si pembeli atau konsumen itu akan diberi air mineral merk lain seperti ades, yeh buleleng, fit, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan produk air mineral AQUA telah memiliki brand cover yang melegendaris dari sejak dahulu sampai sekarang. Tapi apakah dengan adanya produk lain menyebabkan persaingan itu tidak sehat ???? jawabannya adalah TIDAK !!!!!!!!!!. Karena dengan adanya produk lain (kompetitor) menyebabkan pasaran menjadi lebih sehat dan kompetitif. Disatu sisi dengan adanya brand produk yang berbeda jangan sampai menyebabkan hal tersebut sebagai sebuah pembeda tapi harus menjadi sebuah identitas penyatu. Intinya walaupun memiliki brand cover yang berbeda, walaupun masing – masing produk tersebut memiliki produktifitas tersendiri namun pada akhirnya identitas dari produk – produk tersebut tidak berfungsi sebagai identitas pembeda namun sebagai identitas penyatu/identitas perdamaian. Dengan kata lain antara produk yang satu dengan yang lain memiliki fungsi saling melengkapi (complementer product). , SALAM INTELEKTUAL !!!! 

    Nama : I GEDE SUDARMAWAN
    NIM : 1201111074
    Kelas : Reguler Sore
    Semester : 3 (Tiga)
    Jurusan : Manajemen S1

    ReplyDelete
  15. saya sangat setuju. saya memfokuskan dengan persepsi bahwa jangan dijadikan sebagai suatu kemunduran namun jadikanlah sebagai suatu pengembangan. Karena dengan adanya banyak produk yang berkembang akan menjadikan bahwa terjadi perkembangan produk yang sangat pesat dimana akan menimbulkan sebuah pasar yang sehat.

    Nama : MADE EVA SURYA PUTRA
    NIM : 1201111072
    Kelas : Reguler Sore
    Jurusan : Manajemen Ekonomi
    Semester : 3 (Tiga)

    ReplyDelete
  16. benar sekali. Dengan adanya banyak produk yang berkembang jangan dijadikan sebagai sebuah peng - kotak - kotakan antar produk. Namun jadikanlah sebagai suatu identitas penyatu sebuah indikator perdamaian. Karena apabila kondisi tersebut sudah tercapai maka itulah yang disebut dengan kondisi pasar dan pemasaran yang sehat.

    Nama : IDA KADE GARGITA
    NIM : 1201111073
    Kelas : Reguler Sore
    Jurusan : Manajemen Ekonomi
    Semeste : III (tiga)

    ReplyDelete
  17. Menurut saya segala jenis merk air mineral yg beredar di indonesia saat ini adalah suatu gagasan sang kreator untuk menggebrak dunia bisnis yg tak terpikirkan sebelumnya...Siapa sangka air yg berlimpah di indonesia ini ternyata menjadi suatu hal yg tak terfikirkan sbelumnya untuk mengemasnya dalam bentuk kemasan yg bisa dinikmati oleh semua masyarakat indonesia yg tentunya memiliki kemampuan untuk membeli air mineral kemasan tersebut.Sang kreator pula (dalam hal ini AQUA) memiliki peranan yg besar dalam bisnis air mineral di Indonesia.Sang kreator juga yg telah mendobrak gaya pemikiran orang yg mencemooh,meremehkan dan meragukan akan kebangkitan air mineral...Buktinya,dengan pmikiran,usaha,dan riset yg tdak sbntar dan juga dg kreatifitas ulung mampu membuktikan kpada kita smua agar berfikiran maju,berani melawan arus tanpa takut dg resiko dan juga pesimistis orang lain...maju terus industri kreatif Indonesia guna mencetak bibit bangsa yg berjiwa bisnis bermental tangguh...
    Salam Sukses...!!!! Jangan lupa mampir juga di blog saya yaa pak... :D
    http://makinbanyaktau.blogspot.com/

    Nama : Muhammad Hari Tsani
    NIM : 12.01.1.1.1063
    Kelas : Reguler Sore
    Jurusan : S1 Manajemen
    Semester : III (Tiga)

    ReplyDelete
  18. Nama : kadek hendra
    Nim : 1201111070
    jurusan : s1 manajamen sore
    Semester : 3

    menurut saya kenapa harus kepongpong yang kreatif , kan masih ada laba-laba yang lebih kreatif hehehee,,,, jadi menurut saya dalam air minum tuh kita tidak penting nama merek, tapi kualitas dan kesehatan bagi konsumen yang menkonsumsi itu yang terpenting ,.. bukan semata - mata untuk merugikan konsumen

    ReplyDelete
  19. Nama : IDewa Gede Ryan sanjaya
    NIM; 13.01.1.1.031
    Kelas: Reg.Sore
    Semester : III ( tiga )


    Kreatif adalah salah satu modal utama dalam kita menjalankan bisnis,,,
    apalagi dalam persaingan era globalisasi seperti sekarang ini,,
    Menurut saya,dari sekian banyak jenis dan merk air mineral yang sudah muncul di kalangan Indonesia ini,itu menandakan bahwa,Indonesia itu kayak akan produktivitas dan kemajuan yang pesat dalam sistem teknologi,baik sistem pengolahan maupun yang lain,,,
    Namun nama air mineral AQUA tidak akan pernah bisa lepas dalam era persaingan distribusi karena air yang pertama di kenal dikalangan masyarakat adalah AQUA,serta cara penampilan pendistribusiannya,yang menawan serta memperlihatkan sumber air darfi mata air pegunungan.
    Kebanyakan orang mengatakan jika mereka ingin membeli air mineral,pasti lebih dominan mengatakan "membeli air AQUA", bukan membeli air vit,ades atou yang lain,,
    disamping itu pula kualitas dan kesehatan AQUA itu sudah di cek dan tidak di kawatirkan lagi,
    itu yang menggambarkan bahwa AQUA itu tidak bisa di pungkirkan atou di saingi,karena sudah menjadi sejarah.

    ReplyDelete
  20. Nama: Dicky Bahtiar
    Nim :13.01.1.1.011
    kelas :Reguler Sore / semester III

    Menurut saya , dengan banyaknya industri air minum di indonesia,akan membuat harga air mineral semakin stabil, selain itu juga para konsumen pun punya banyak pilihan dalam menetukan seleranya. Di dalam persaingan perusahaan air minum mereka harus mampu berinovasi dan berkreasi meningkatkan kualitas produknya dan juga penyajian kemasannya, sehingga mampu bersaing di persaingan air mineral. Para kompetitor harus memetahuhi kode etik dalam persaingan agar tidak terjadi penyelewengan dalam proses produksinya. Hal yang harus di ingat di dalam produksi air mineral bukan hanya mencari keuntungan semata saja, tetapi juga harus bisa menjaga sumber air mineral dan lingkungan setempat, agar lingkungan sekitar tidak rusak atau tercemar dan harus tetap terjaga keasriannya..

    ReplyDelete
  21. Nama:Ni Made Dwi Fibriantini
    NIM :12.01.1.1.1059
    Kelas :Reg.Sore/Semester III

    Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ) merupakan industri yang sudah lama berjalan pada dunia bisnis di Indonesia. Hal ini dapat dipertegas dengan adanya sekitar kurang lebih 600 perusahaan yang aktif di dalamnya. Industri AMDK memang sudah penuh dengan pemain, mulai dari pemain dengan skala besar sampai dengan skala kecil.Adanya gaya hidup masyarakat yang mulai bergeser menuju hidup yang lebih sehat merupakan peluang bagi perusahaan AMDK. Hal tersebut dapat dikatakan peluang karena produk yang perusahaan tawarkan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Adapun hal yang menguatkan keyakinan atas kualitas produk adalah hasil tes laboratorium Sucofindo dan IPB yang menyatakan bahwa kandungan air produk perusahaan cenderung sangat baik.
    Inovasi produk yang berdasarkan teknologi menciptakan keunggulan dalam memberikan produk-produk yang mampu mengedepankan kualitas yang jauh lebih baik.Seperti halnya AQUA merk Air Minum Dalam Kemasan Yang paling terkenal di Indonesia. Dimana nama AQUA sudah tercatat di memori manusia sebagai AMDK yang memiliki kualitas air yang bagus untuk tubuh, Adapun berbagai merk AMDK di Indonesia Namun AQUA yang paling sering di sebut.

    ReplyDelete
  22. Air merupakan komsumi wajib bagi umat manusia . Dari itu,banyak produsen yang berlomba-lomba memproduksi air minum dalam kemasan . Seperti halnya Aqua , Ades , Vit dll
    Strtegi yang sehat amat sangat di perlukan oleh produsen-produsen air minum kemasan ini . Seperti halnya Aqua ,Aqua menggunakan strategi yang amat sangat baik sehingga sangat melekat di pikiran masyarakat . Dimana Aqua merupakan pemegang saham lebih dari 62% dari pasar air botol di Indonesia. Dengan menggunakan media komunikasi sebagai sarana promosi merupakan salah satu alternatif strategi yang dapat meningkatkan citra dari perusahan Aqua itu sendiri . Selain strategi yang baik , produsen juga harus mampu mempertahankan kualitas dari apa yang mereka produksi .
    Semoga merk-merk di atas mampu bersaing di pasar industri saat ini .

    Nama : Ni Komang Erayani
    Nim : 12.01.1.1.1058
    semester 3 / reg.sore

    ReplyDelete
  23. Saya setuju. Asalkan jika suatu perusahaan tersebut memilih dalam bidang industri minuman harus pintar-pintar untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya agar mampu menarik perhatian masyarakat agar di saat kita menciptakan suatu produk tetapi terlalu seni dan terlalu kreatif di tulisan / kata-kata,,bukanya laku tapi malah gak laku. Dengan fikiran positis dan tidak mengubah kualitas produk,,di jamin pasti akan menjadi produk number 1 dan di segani oleh masyarakat...

    Nama : Yullia Trisna Yanti
    Nim : 13.01.1.1.129
    reg. Sore / Semester 2

    ReplyDelete
  24. Saya sangat setuju dengan artikel diatas...menurut saya sebagai seorang entrepreneur tentunya kita tidak akan bisa menghidar dari persaingan. Untuk membuat produk dan usaha kita tetap berjalan dan terus memberikan keuntungan tentunya kita juga harus bisa menghadapi persaingan. Jangan sampai dikarenakan adanya persaingan kita justru malah mundur secara teratur dan berhenti dalam menjalankan usaha. Justru sebaliknya, adanya persaingan akan membuat kita termotivasi untuk membuat produk dan pelayanan yang lebih baik lagi. "Banyak jalan menuju Roma" ungkapan tersebut sering kita dengar dalam kehidupan kita sehari hari. Tidak ada yang salah dengan ungkapan tersebut. Tinggal kita bagaimana cara menempuhnya, mau jalan yang lambat atau cepat? Demikian juga dalam dunia bisnis, banyak juga jalan untuk menuju gerbang kesuksesan. Jalan itu tidak semudah yang dibayangkan banyak orang, sebagai contoh apabila kita mendaki gunung dan ingin mencapai puncaknya harus melewati jalan yang terjal untuk mencapai puncaknya. Seperti itu apabila kita mau mendapatkan kesuksesan dalam dunia bisnis. Dan di dunia yang serba modern ini banyak persaingan dalam dunia bisnis.
    Mungkin ada beberapa cara ampuh dalam menghadapi persaingan dalam dunia bisnis yaitu ada keberanian (courage), kualitas (quality), fokus (focus), kerja keras (hard Work). Dan pastinya dengan perilaku kratif seorang entrepreneur yang diiringi dengan 4 fungsi utama dalam manajemen (POAC) akan melahirkan kejeniusan individu yang kreatif dan organisasi yang kreatif.

    Luh Putu Sukeresminingsih
    13.01.1.1.002
    Manajemen/Reguler Sore
    Semester III

    ReplyDelete
  25. Nama : Kadek Feby Olivia Nemisfa
    NIM : 13.01.1.1.014
    Jurusan : S1 Manajemen Ekonomi
    Kelas : Reguler Sore
    Semester : 3

    “Kepompong Si Kreatif”, artikel yang sangat menarik untuk dikaji. Kata kreatif sendiri merujuk sifat atau perilaku seseorang yang memiliki daya cipta atau kemampuan untuk menciptakan. Sedangkan Imajinasi kreatif itu dapat didefinisikan sebagai kemampuan menciptakan imajinasi yang kreatif terhadap berbagai hal yang baru, yang bahkan terlihat tidak mungkin.
    Sama halnya yang dilalui oleh penemu “Aqua” almarhum Tirto Utomo, siapa yang menyangka, diawal banyak orang sinis dengan ide Tirto Utomo ini untuk menjual air minum kemasan botol, namun karena tekad dan terus berkreativitas akan idenya tersebut sehingga Aqua sekarang bisa sesukses sekarang. Kesuksesan Aqua pun, menarik beberapa perusahaan lain untuk membuat nama di air mineralnya dengan nama Aqua. Bahkan jika kita berniat membeli air mineral kemasan botol, selalu menyebut dengan mau membeli Aqua, padahal yang diberikan kadangkala bukan merek Aqua, tetapi itulah Aqua sudah menjadi brand image yang baik di mata konsumen. Dan apabila kita mengikuti perkembangannya, Aqua terus melakukan inovasi terhadap produknya, mulai dari kemasan yang gelas, botol, galon, hingga hal terkecil seperti tutup botol dan segel galon pun terus mereka inovasikan dengan ide-ide kreatifnya.
    Jadi, kenapa kita enterpreneur harus kreatif? Karena kita dituntut selalu untuk memiliki ide-ide bisnis yang berbeda dari yang lain dan memiliki gagasan yang sangat orisinal. Dan kreativitas merupakan sebuah elemen penting dalam jati diri seorang entrepreneur. Tanpanya, inovasi tidak akan bisa dihasilkan.Tapi menjadi kreatif saja tidak cukup, kita juga harus tahu bagaimana kita bisa melatih & mengasah bakat kreatif tsb. Jadi pada intinya, menjadi pengusaha harus kreatif atau tidak, akhirnya akan berpulang kepada diri kita masing-masing, karena kesuksesan di dunia usaha tergantung kepada sejauh mana effort kita untuk berjuang mewujudkannya.

    ReplyDelete
  26. Mungkin benar komentar teman – teman dan kita juga mengetahui bersama Indonesia itu kayak akan produktivitas dan kemajuan yang pesat dalam sistem teknologi, baik sistem pengolahan maupun yang lain. Dan juga berbagai UKM (Usaha Kecil Mikro) yang dilakoni oleh masyarakat Indonesia, tetapi di jaman sekarang ini para pelaku Ekonomi masih terlalu sulit untuk melakukan perkembangan. Apalagi hal itu yang menyangkut sebuah ide cemerlang dari dalam diri, untuk sebuah usaha yang mampu dijadikan cikal bakal dari Usaha Kecil yang diharapkan berdampak besar bagi diri & keluarganya. Karena pelaku Ekonomi cenderung berpatokan pada kegagalan yang mereka lihat dari usaha yang pernah orang lain lakukan dan lebih mudah meniru Usaha yang sudah berhasil, dan ini adalah salah satu faktor adanya usaha yang menjamur Musiman, seperti halnya saat tahun baru banyak kita temui pedagang petasan pinggir jalan. Itu contoh kecil dari kebiasaan para pelaku ekonomi yang lebih takut mengalami kerugian dan nyaman mencontoh usaha orang lain karena dianggap lebih menjanjikan Keuntungan.

    Nama : Kade Manik Supartami
    NIM : 13.01.1.1.015
    Jurusan : Manajemen Ekonomi / Reguler Sore
    Semester III

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. dari artikel tersebut saia berpendapat bahwa kreatifitas adalah yang menentukan kelangsungan hidup perusahaan dgn minciptakan produk2 baru yang di sukai konsumen.Perusahaan yang gagal dalam berinovasi akan semakin terpukul dengan pesaing yang memahami nilai dari proses pengembangan dan pembaruan. Sukses yang berkelanjutan berarti pengembangan yang berkesinambungan dengan tetap bersikap kompetitif.
    Untuk tetap unggul perusahaan harus terus menciptakan produk baru, pelayanan baru dan cara baru dalam melakukan pekerjaan


    nama : kd. wasu bayu sentana
    nim : 13.01.1.1.040 //semester 3

    ReplyDelete
  29. nama : Ni Kadek Maya Listiani
    Nim : 13.01.1.1.027
    kelas : Reg.Sore
    Semester ; 3 ( tiga )


    Menurut saya , dengan banyaknya industri air minum di indonesia,akan membuat harga air mineral semakin stabil, selain itu juga para konsumen pun punya banyak pilihan dalam menetukan seleranya. namun kebanyakan konsumen disaat membeli air mineral mengatakan Aqua,padahal yang di berikan oleh pedagang air mineral merk lain,itulah kecerdikan dan kreatifitas para penjual utk mempercepat air mineral merk lain.
    namun para pembeli juga tidak banyak koment,tentang merk lain yang di beri,yang terpenting mereka bisa menkonsumsi air mineral,karena airnya yang di minum bukan merknya,,,,

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sangat setuju dengan apa yg dkatakan dalam kepongpong si kreatif,dari kekreatifan dari seorang individu akan memunculkan sebuah ide yg dapat mempertahankan usahanya yg sudah jalan,dengan mempertahankan cirri khasnya tersendiri yang sudah dikenal oleh masyarakat dengan begitu produk yang sudah jalan tersebut walaupun kadang ganti kemasan masih bisa dikenal oleh masyarakat



      Nama : Luh Eni Indrayani
      Nim : 13.01.1.1.042
      Kelas : Reg. Sore
      Semester : III (tiga)

      Delete
  31. Saya sangat setuju dengan artikel diatas, setiap perusaha seharusnya memiliki suatu ciri khas tersendiri agar para konsumen mudah mengingatnya dan bisa di pakai ciri khas oleh para konsumen, sama halnya dengan aqua, air minum ini memiliki ciri khas yang tidak dapat ditiru, sehingga jika ada perusahaan yang ingin meniru hasil karyanya dengan mrek atau lebel tertentu membuat mrek aqua ini semakin di ingat oleh konsumennya, namun konsumen akan jeli dalam memilih sebuah produk yang digunakan, sehingga sampai saat ini aqua selalu diingat oleh para konsumennya atau raja dari produk air minum. Maka dari itu perusahaan seharusnya memili suatu ide2 kreatif yang dapat menyaingi bahkan perusahaan tersebut maju, dengan melihat situasi dan kondisi para konsumen yang di perlukan, disamping itu pula, dapat menyehatkan persaingan pasar.

    Nama : Ni Luh Mas Risdayanti
    NIM : 13.01.1.1.008
    Kelas : Reguler Sore, S1 Manajemen/3

    ReplyDelete
  32. Nama : Kadek Devi Andriani
    Nim : 13.01.1.1.013
    Kelas : Reg. Sore
    semester 3



    Kreatif adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda dalam menjalankan bisnis di dalam era globalisasi sekarang ini .
    Dari artikel di atas saya setuju, menurut saya dengan banyak adanya merk air mineral, konsumen memiliki banyak pilihan untuk menentukan seleranya dan perusahaan yang memproduksikannya bisa menarik konsumennya dengan berbagai macam cara. Mereka harus mampu berinovasi dan berkreasi meningkatkan kualitas produknya dan menyajikan kemasannya sehingga mampu bersaing secara sehat, Kita harus pintar-pintar mencari peluang dalam memasarkan produksi tersebut biar produk yang kita tawarkan bias laku. Dengan adanya banyak produk yang berkembang bisa mrnjadikan perkembangan produk sangat pesat di pasaran.

    ReplyDelete
  33. Saya sangat setuju karena dalam persaingan bisnis apa lagi salam usaha yg sama tp dengan nama berbeda kita hrus pintar memberi kejutan kepada masyarakat dan mengeluarkan ide kreatif demo produk tersebut laku dan bersaing dengan yg lain dengan sportif. Nama: kadek sudiasa. Nim : 13.01.1.1.026

    ReplyDelete
  34. Ide bisnis kreatif dan sederhana dengan menjual produk Air Minum Dalam Kemasan dahulu orang menganggap gila. Mungkin kita juga dahulu berpikir mengapa harus membeli yang dalam kemasan, bukankah sudah ada Gelas minum, tinggal kita isi di rumah, jadi tidak perlu menghabur-hamburkan uang untuk membeli Air Minum Dalam Kemasan. Tetapi kini apa yang kita lihat, Ide Bisnis yang dulu kita pikir aneh, tetapi kini banyak yang mengikutinya. Bahkan tidak hanya air minum, sekarangpun banyak beredar Teh manis dalam kemasan, juga jus-jus buah dalam kemasan baik plastik maupun kotak alumunium. Kreatifitas menjadi salah satu faktor penting yang terkait terhadap kesuksesan bisnis seseorang. Dengan kreatifitas dalam bisnis, tidak peduli apakah usaha yang anda miliki merupakan usaha berskala kecil atau besar, usaha anda akan dapat selalu bertahan mengatasi persaingan pasar. Seperti yang kita ketahui , Bisnis Air Minum prospeknya Tidak ada matinya, semua orang pasti perlu air untuk minum. Selamat Berkreatifitas 

    Ni Luh Ana Hanityasari
    12.01.1.1.1055
    Manajemen / Reg. Sore

    ReplyDelete
  35. Perkembangan dunia saat ini berjalan dengan pesat, yang menciptakan suatu persaingan yang semakin ketat. Hal ini yang menuntut produsen untuk lebih peka, kritis dan reaktif terhadap perubahan yang ada, baik politik, sosial budaya,dan ekonomi.Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat mencapai sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan danmempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus berupaya menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen dengan harga yang pantas. Dengan demikian, setiap perusahaan harus mampu memahami kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya .-kebijakan strategisbaru dalam menjual produk dan jasa mereka dalam kaitannya menghadapipersaingan yang ketat dengancompetitoryang dapat memberikanvalueyang lebih besar kepada customer
    . Pada dasarnya dengan semakin banyaknya pesaingmaka semakin banyak pula pilihan bagi pelanggan untuk dapat memilih produkyang sesuai dengan apa yang menjadi harapannya. Sehingga konsekuensi dariperubahan tersebut adalah pelanggan menjadi lebih cermat dan pintar dalammenghadapi setiap produk yang diluncurkan di pasar.Salah satu keunggulan dalam persaingan ini terutama adalah kualitasproduk yang dapat memenuhi keinginan konsumen. Bila tidak sesuai denganspesifikasi maka produk akan ditolak. Sekalipun produk tersebut masih dalambatas toleransi yang telah ditentukan maka produk tersebut sebaiknya perlumenjadi catatan untuk menghindari terjadinya kesalahan yang lebih besar diwaktuyang akan datang.

    nama:kd ari yastini
    nim:12.01.1.1.1082
    managemen eksekutif semester 3

    ReplyDelete
  36. Nama: Gd Arista Dharma Suputra, A.Md.
    NIM: 13.01.1.1.058
    Jurusan : Manajemen / Reguler Sore

    "Kepompong Si Kreatif"
    artike yang sangat menarik. Dimana di era sekarang ini, persaingan semakin ketat. Berlomba-lomba untuk bisa menghadirkan produk berkualitas di masayarakat. maka persaingan pun semakin sehat. berlomba-lomba menghadirkan produk yang berkualitas. dengan demikian menguji kepercayaan masyarakat terhadap suatu produk. Jadi kesimpulannya, dengan hadirnya berbagai merk air mineral dengan sistem manajemen yang berbeda-beda akan semakin membuat persaingan semakin sehat. produk yang dihadirkan pun kualitasnya bersaing dan bahkan semakin membaik.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Artikel " Kepompong Si Kreatif" menurut saya artikel yang sangat membangun dan menarik untuk di baca. karena pada artikel ini menurut saya sangat membangun dan memberikan pembelajaran tentang persaingan. persaingan yang sehat antara merek air meneral yang bersaing dengan sehat. karena pada prinsipnya, semakin banyak pesaing, semakin sehat persaingan dan produsen semakin berlomba-lomba memproduksi produk yang lebih berkualitas. menghadirkan kekreatifan dalam menghasilkan sebuah produk dengan inovasi baru, dan ide-de kreatif baru yang dapat bersaing secara sehat dengan merek produk lainnya.

    Nama : Ketut Tyna Windayani
    NIM : 13.01.1.1.049
    Jurusan : Manajemen / S1
    Kelas : Reguler Sore / III

    ReplyDelete
  39. Nama: Kd. Chandra Teja Kusuma
    NIM: 13.01.1.1.017
    Jurusan : Manajemen / Reguler Sore
    Kreatif adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda dalam menjalankan bisnis di dalam era globalisasi sekarang ini . Saya sangat setuju dengan artikel diatas,karena setiap perusaha seharusnya memiliki suatu ciri khas tersendiri agar para konsumen mudah mengingatnya dan bisa di pakai ciri khas oleh para konsumen, Contohnya seperti halnya Aqua ,Aqua menggunakan strategi yang amat sangat baik sehingga sangat melekat di pikiran masyarakat . Dimana Aqua merupakan pemegang saham lebih dari 62% dari pasar air botol di Indonesia. Dengan menggunakan media komunikasi sebagai sarana promosi hal tersebut membuat AQUA dikenal oleh masyarakat luas, selain dari segi promosi yang bagus AQUA juga dapat menjaga kualitas air yang mereka produksi.Mungkin ada beberapa cara ampuh dalam menghadapi persaingan dalam dunia bisnis yaitu ada keberanian (courage), kualitas (quality), fokus (focus), kerja keras (hard Work). Dan pastinya dengan perilaku kratif dari seorang entrepreneur yang diiringi dengan 4 fungsi utama dalam manajemen (POAC) akan melahirkan kejeniusan individu yang kreatif dan terorganisasi.

    ReplyDelete
  40. Nama: Dedy Satriawan
    Nim: 13.01.1.1.034
    Jurusan: S1 Management/Reg. Sore

    Berkembangnya suatu usaha seperti Aqua, Ades, Vit, Club, Aquaria dengan segala kreativitas yang dimiliki oleh para tokoh didalamnya tentu akan membawa dampak positif terhadap perusahaan tersebut. Namun harus dipikirkan juga dampak-dampak negatif yang mungkin nantinya akan timbul misalkan, dampak terhadap lingkungan. karena dari setiap perusahan tentu akan menghasilkan segenap polusi. disamping itu juga pengambilan bahan baku yaitu air tanah yang berlebihan akan membawa dampak negatif bagi lingkungan nantinya memang kini mulai ada perusahaan air mineral yang memanfaatkan sumber mata air alami sebagai bahan bakunya. Dan itu seharusnya difikirkan oleh seluruh perusahaan air mineral yang ada jagan hanya memikirkan keuntungan, omset, dan tingkat kemajuan dari perusahaannya saja.

    ReplyDelete
  41. Nama : Ni Ketut Sri Artayani
    Nim : 13.01.1.1.055
    Jurusan : Manajemen Ekonomi
    Kelas : Reg Sore
    Semester : III /A

    Menurut saya, untuk dapat bertahan dan menunjukkan eksistensi diri dizaman yang sudah maju ini, sangat dibutuhkan kreatifitas. Kreatifitas adalah kemampuan untuk melahirkan ide dan gagasan baru yang segar dan orisinal untuk mengatasi tantangan dan mencapai tujuan yang diinginkan. Pada zaman ini, perubahan juga terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Banyak penemuan-penemuan dan ilmu baru dilahirkan. Informasi begitu mudah kita dapatkan dengan berbagai media. Pada zaman ini orang yang berkuasa adalah orang yang menguasai teknologi dan informasi. Untuk dapat bersaing dalam era teknologi dan informasi yang mengandalkan kecerdasan dan fleksibilitas ini diperlukan kemampuan berpikir kreatif. Kita melihat dalam dunia bisnis, perusahaan yang tidak kreatif melakukan perubahan dan perbaikan, akan tertinggal dibandingkan yang lainnya yang secara dinamis terus melakukan perubahan dan perbaikan. Semua produk teknologi dan informasi yang sangat marak dipasaran sekarang ini, adalah produk dari kreatifitas. Seperti berbagai jenis merek air mineral tersebut, itu adalah bagian dari kreatifitas dalam persaingan sekarang ini.Namun kalau kita lihat kebanyakan orang kreatif memang kelihatan berbeda diawal, bahkan cendrung ide dan gagasannya dilihat secara pesimis oleh orang lain, dikritisi bahkan dipatahkan. Namun orang kreatif memiliki semangat dan mental yang kuat untuk membuktikan bahwa ide dan gagasanya mereka, akan sangat berguna suatu saat.

    ReplyDelete
  42. Menurut saya, artikel KEPOMPONG SI KREATIF sangat membangun dimana diartikel tersebut memuat perusahaan yang sangat kreatif untuk menjual produk yang mereka keluarkan, seperti air mineral yang dijual dipasaran itu merupakan suatu ide yang sangat bagus. Dimana kita tau Kreatifitas adalah kemampuan untuk melahirkan ide dan gagasan baru yang segar dan orisinal untuk mengatasi tantangan dan mencapai tujuan yang diinginkan Dengan ide-ide yang kreatif tersebut masing-masing perusahaan bisa menjual produk yang mereka buat dengan kemasan yang sedemikian rupa serta dengan iklan-iklan yang mereka buat bisa membuat masayarakat bisa menerima produk yang mereka buat. Ide-ide yang kreatif tersebuat dapat membuat suatu produk yang dibuat dikemas sedemikian rupa sehingga dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat dan perusahaan dapat bersaing secara sehat dan saling mununjukkan kualitas produk yang terbaik.


    Nama : Nopri adiastra
    NIM : 13.01.1.1.016
    Kelas Reguler sore
    Semester : III

    ReplyDelete
  43. Menurut saya, artikel KEPOMPONG SI KREATIF sangat membangun dimana diartikel tersebut memuat perusahaan yang sangat kreatif untuk menjual produk yang mereka keluarkan, seperti air mineral yang dijual dipasaran itu merupakan suatu ide yang sangat bagus. Dimana kita tau Kreatifitas adalah kemampuan untuk melahirkan ide dan gagasan baru yang segar dan orisinal untuk mengatasi tantangan dan mencapai tujuan yang diinginkan Dengan ide-ide yang kreatif tersebut masing-masing perusahaan bisa menjual produk yang mereka buat dengan kemasan yang sedemikian rupa serta dengan iklan-iklan yang mereka buat bisa membuat masayarakat bisa menerima produk yang mereka buat. Ide-ide yang kreatif tersebuat dapat membuat suatu produk yang dibuat dikemas sedemikian rupa sehingga dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat dan perusahaan dapat bersaing secara sehat dan saling mununjukkan kualitas produk yang terbaik.


    Nama : Nopri adiastra
    NIM : 13.01.1.1.016
    Kelas Reguler sore
    Semester : III

    ReplyDelete
  44. Kita melihat dalam dunia bisnis, perusahaan yang tidak kreatif melakukan perubahan dan perbaikan, akan tertinggal dibandingkan yang lainnya yang secara dinamis terus melakukan perubahan dan perbaikan. Semua produk teknologi dan informasi yang sangat marak dipasaran sekarang ini, adalah produk dari kreatifitas. Seperti berbagai jenis merek air mineral tersebut, itu adalah bagian dari kreatifitas dalam persaingan sekarang ini.Namun kalau kita lihat kebanyakan orang kreatif memang kelihatan berbeda diawal, bahkan cendrung ide dan gagasannya dilihat secara pesimis oleh orang lain, dikritisi bahkan dipatahkan. Namun orang kreatif memiliki semangat dan mental yang kuat untuk membuktikan bahwa ide dan gagasanya mereka, akan sangat berguna suatu saat.
    semakin banyaknya pesaingmaka semakin banyak pula pilihan bagi pelanggan untuk dapat memilih produkyang sesuai dengan apa yang menjadi harapannya. Sehingga konsekuensi dariperubahan tersebut adalah pelanggan menjadi lebih cermat dan pintar dalammenghadapi setiap produk yang diluncurkan di pasar.Salah satu keunggulan dalam persaingan ini terutama adalah kualitasproduk yang dapat memenuhi keinginan konsumen. Bila tidak sesuai denganspesifikasi maka produk akan ditolak. Sekalipun produk tersebut masih dalambatas toleransi yang telah ditentukan maka produk tersebut sebaiknya perlumenjadi catatan untuk menghindari terjadinya kesalahan yang lebih besar diwaktuyang akan datang.

    ReplyDelete
  45. Saya setuju tentang artikel kepompong si kreatif diatas seperti Aqua, Ades, Vit, Club, Aquaria berbaris-berjejer dengan mereknya mampu mengundang para konsumen dengan berbagai merek,semoga artikel diatas lebih mampu membangun ide-ide kreatif lagi supaya merek-merek diatas selalu menjadi bahan yang aman bagi kesehatan,dan menjadi barang yang dicari masyarakat saat ini.
    Kreatif adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya dengan menekankan kemampuan yaitu yang berkaitan dengan kemampuan untuk mengkombinasikan, memecahkan atau menjawab masalah, dan cerminan kemampuan operasional anak kreatif.
    Jadi menurut saya kembangkan produk-produk tersebut menjadi merek yang berkualitas,baik dipandang oleh masyarakat maupun yang lainnya.supaya merek-merek tersebut banyak diminati masyarakat.

    Nama ;dewa made pujayasa
    Nim : 13.01.1.1.018
    Jurusan : Manajemen Ekonomi
    Kelas : Reg Sore
    Semester : III /A

    ReplyDelete
  46. Nama : Komang Angger Novita Yanti
    NIM : 13.01.1.1.043
    Jurusan : Manajemen Ekonomi
    Kelas : Reg Sore
    Semester : III

    Saya setuju dengan artikel diatas, menurut saya dalam situasi pasar yang semakin kompetitif, diperlukan sebuah inovasi untuk memenangkannya. Kreativitas adalah sebagai kunci kesuksesan inovasi. Lantas bagaimana cara meningkatkan kreativitas?
    Kreativitas di perusahaan, lebih berorientasi kepada pengambilan keputusan kreatif untuk menghadapi berbagai tantangan organisasi dalam mencapai tujuan bersama. Karena itu, alangkah baiknya jika setiap karyawan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan kreatif, baik secara individu maupun kolektif, yang akhirnya berujung pada inovasi.
    Untuk menumbuhkan kreativitas dalam diri karyawan, pendekatan melalui pelatihan, training, atau seminar saja tidak cukup. Paling tidak dibutuhkan tiga elemen penting, yakni fondasi, proses, dan reward. Hal mendasar yang dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan yang kreatif adalah dukungan dari top manajemen
    Kreativitas juga dapat ditumbuhkan melalui pelaksanaan tugas yang dilakukan bersama-sama dengan orang lain. Kerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim, terutama yang memiliki latar belakang yang beragam, dapat mendorong kreativitas.

    ReplyDelete
  47. Salah satu cara untuk survive dalam perspektif manajemen adalah memahami nilai dari proses pengembangan dan pembaruan, dan jangan lupa bahwa hal tersebut harus dilakukan dengan berkelanjutan. Untuk tetap unggul perusahaan harus terus menciptakan produk baru, pelayanan baru dan cara baru dalam melakukan pekerjaan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menciptakan terobosan terobosan yang baru.
    Saya ingin bicara lebih humanis tentang satu nilai yang membuat manusia tetap ada sampai saat ini di bumi, yaitu nilai “beradaptasi” dari keadaan yang tidak dapat diperhitungkan, ketidakstabilan, membahayakan. Arti “adaptasi” sangat luas artinya, itu adalah kreatifitas, didalamnya ada arti sebuah “harga diri”, kemauan untuk berubah, ada juga inovasi, ada semangat pantang menyerah, ada keberanian untuk melihat realita yang ada, ada keberanian untuk bersaing, banyak…sangat banyak yang kita bisa terjemahkan dari nilai tersebut itu. Itu yang membedakan kita dengan dinosaurus. Manusia dilahirkan, atau mewarisi “gen turunan” dari leluhur kita untuk dapat melakukan adaptasi. Manusia mempunyai kekuatan, daya tahan, yang sesungguhnya lebih dari yang kita pikirkan dapat kita lakukan. Kita mempunyai kekuatan yang tidak kita sadari. Menurut saya, semua teori tentang ‘Survive”, apapun itu namaya, kita sudah dibekali itu, hanya tinggal kita berani menggali potensi diri kita, berani melihat keadaan yang ada dengan jernih, berani melihat keadaan tersebut dengan hati, lalu menyimpulkan dan berani bertindak. Orang bijak berkata, “ Janganlah berharap dapat menghentikan hujan, tapi belajarlah untuk menari di tengah hujan”, itulah nilai dari sebuah kata “beradaptasi”.

    ReplyDelete
  48. Saya sangat setuju dengan apa yang dipaparkan dalam kepompong si kreatif, dimana kreatif merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberikan kesempatan bagi individu untuk menciptakan ide-ide baru yang dapat dipahami dan diterima oleh orang banyak. Jika sikap ini dapat diindahkan oleh individu, ini akan mampu memupuk jiwa yang inovatif dengan memunculkan kreasi baru tanpa meninggalkan ciri khas produk yang telah ada. Maka kelangsungan hidup perusahaan akan lebih terjamin.

    Nama : Putu Eka Darmayanti
    Nim : 13.01.1.1.012
    Kelas : Reg. Sore semester III

    ReplyDelete
  49. nama : komang astiti
    nim : 12.01,1,1,1051

    Saya sangat setuju,,, Nah seperti yg dijelaskan di atas, air adalah salah satu factor yang sangat penting dalam kehidupan. Kebutuhan akan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) sudah menasional. Segala usia, segala golongan di seluruh pelosok tanah air saat ini mengkonsumsi AMDK sebagai pengganti air tanah yang di banyak lokasi tidak lagi memadai untuk dikonsumsi. Rata-rata satu orang mengkonsumsi AMDK sebanyak 1-2 galon air per bulannya.Sedemikian tingginya kebutuhan masyarakat terhadap AMDK sehingga produsen AMDK kian bertambah banyak dari tahun ke tahun. Munculnya produk dalam kemasan yg baru membuat kita lebih memahami arti pentingnya air dalam kehidupan. Aqua adalah merk yg sring kita sebut saat kita membeli AMDK di suatu tempat meskipun yang kita terima saat itu bukan aqua tp merk lain. Persingan sehat itu kini semakin bertambah di masyarakat. Namun masyarakat berpedapat berbeda beda dalam meniali berbagai kemasan tsb,, smua itu di lihat dari kualitas kesehatan, rasa, dll.

    ReplyDelete
  50. Menurut Sumantra, mengatakan bahwa kepompong Si kreatif menggambarkan bahwa makin banyak dan tingginya kompetisi dalam persaingan yang akan menampilkan keunggulannya dalam persaingan itu sendiri memerlukan kreatifitas dari individu produk maupun perusahaan tersebut untuk memenangi peperangan pemasaran dikancah segala penjuru agar dapat menarik keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Sehingga, tidak hanya bermodal kualitas, tetapi harus benar-benar kreatif dalam segalanya baik itu kualitas produk itu sendiri, harga, promosi, hingga tata letak yang diberikan kepada konsumen. Dengan kata lain bahwa POAC harus tetap matang agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kreatifitas perusahaan itu sendiri dalam dunia persaingan.
    Nama : I Kadek Sumantra Yasa
    NIM : 13.01.1.1.202
    (Ampulen Eksekutif)

    ReplyDelete
  51. Seperti yang mungkin bisa kita lihat saat ini, banyak beragam merk-merk air mineral yang dipasarkan. Dengan adanya bisnis air mineral dari para kompetitor merupakan langkah yang baik untuk masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Saya setuju dalam persaingan air mineral, para kompetitor juga harus berinovasi dan memiliki kreatifitas dalam menyajikan kemasan air mineral agar bisa menarik keinginan para konsumen. Tapi yang paling penting dalam bisnis air mineral ini para kompetitor harus tetap menjaga kualitas air mineral agar tidak semata-mata mencari keuntungan dalam bisnis tapi kualitas air mineral yang baik untuk kesehatan malah diabaikan dan tetap menjaga keasrian lingkungan agar sumber mata air yang baik tetap terjaga.
    NI KADEK WIDIDARMI
    13.01.1.1.046
    REGULER SORE/ SEMESTER III

    ReplyDelete
  52. Suatu produk sebagaimana yang kita ketahui, selalu mengalami revolusi dalam hal pendesainan produk, kemasan. Kadang kita jumpai ada pula yang menambahkan ide-ide baru dalam produk. Misalnya cheetos dengan banyak rasa (ada rasa ayam panggang, rasa sapi dll), contoh lain misalnya mizone, dll. Ini membuktikan bahwa produsen dalam hal ini mempunyai pola pikir yang cukup kreatif. Disamping produsen juga memperhatikan planning dimana suatu perusahaan menentukan terlebih dahulu apa yang akan dikerjakan. Dalam hal ini planning dapat dikatakan sebagai proses awal pembuatan produk, dimana para ahli dalam pendesainan, pengemuka gagasan berkumpul dan menentukan produk yang seperti apa yang akan dibuat. Tujuan dari adanya varian tersebut tidak lain adalah untuk mewujudkan tujuan yaitu meningkatkan penjualan. Disamping itu, adanya revolusi tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada umumnya. Karena kebutuhan masyarakat yang cukup bervariasi tentu menyulitkan produsen dalam hal menentukan kemasan serta desain produknya. Namun tetap yang paling penting adalah menyesuaikan dengan kebutuhan masayarat tersebut, agar produk yang diluncurkan ke pasar bisa diterima baik oleh masyarakat.
    Nyoman Yutarini
    Manajemen/Eksekutif
    12.01.1.1.1086

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya setuju dengan berbagai merk tersebut tpi jika produk tersebut,di singaraja pun kita dapat memproduksi air kemasan sendiri walaupun tidak sebanding dengan merk aqua,karena kebutuhan pasar ฯ​​ÄŸ di minati hanya untuk wilayah bali terutama singaraja saja. Sedangkan aqua mampu berkreatif dengan kemasan nya berbeda dengan air mineral lainnya dan sudah di kenal sejak dlu,orang pasti kalau membeli air mineral pasti yang pertama di cari adalah aqua. Di dalam sebuah perusahaan ternyata pencintraan merk sangat di perlukan agar bisa lebih cepat di kenal oleh masyarakat dan kualitas dari merk tersebut harus terjamin.

      Luh pusparini
      S1 manajemen/eksekutif
      Smester 3
      13.01.1.1.176

      Delete
  53. Dalam menghadapi persaingan antar perusahaan memang seringkali dipusingkan dengan strategi apa yang akan diambil untuk memenangkan persaingan. Pada umumnya rencana yang terbersit adalah strategi menurunkan harga. Hal ini sangat dimungkinkan karena memang masyarakat khususnya di Indonesia adalah konsumen yang masih sangat dipengaruhi oleh harga. Artinya konsumen masih bisa diiming-imingi dengan penurunan harga untuk berpindah menjadi pelanggan produk baru. Seperti halnya yang terjadi pada pemasaran produk Aqua, Ades, Vit, Club, Aquaria Tetapi apakah strategi ini memang yang paling jitu? Belum tentu karena untuk menurunkan harga akan berpengaruh pada banyak hal dan ujungnya akan mengganggu marjin keuntungan perusahaan. Sehingga persaingan Aqua, Ades, Vit, Club, Aquaria mereka berbaris-berjejer deengan sikap dan cara pemasaran merek-nya masing masingn dengan menggunakanak strategi mereka masing masing tanpa harus bersaing tidak sehat dengan produk produk lainnya dan tetap mementingkan marjin keuntungan perusahaan
    Nama:Luh Reni yanti
    Nim: 13.01.1.1.179
    Kelas:Manajemen eksekutiv
    SEMESTER TIGA

    ReplyDelete
  54. Saya sangat setuju ditinjau dari kata Keatifitas adalah kemampuan untuk melahirkan ide dan gagasan baru yang segar dan orisinal untuk mengatasi tantangan dan mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan banyak adanya merk air mineral yang sudah muncul di kalangan masyarakat menandakan bahwa Indonesia kayak akan produktivitasnya. Namun air mineral AQUA tidak akan pernah bisa lepas dalam era persaingan distribusi karena air yang pertama di kenal dikalangan masyarakat adalah AQUA, serta cara penampilan pendistribusiannya yang menawan serta memperlihatkan sumber air dari mata air pegunungan. Banyak adanya merk air mineral maka akan membuat harga air mineral akan stabil selain itu membuat kalangan konsumen bisa mementukan pilihan yang mereka inginkan. Dengan itu perusahaan harus mampu berinovasi dan berkreasi meningkatkan kualitas produknya dan menyajikan kemasannya sehingga mampu bersaing secara sehat.

    NI KETUT WANASARI
    13.01.1.1.045
    REGULER SORE/ SEMESTER III A

    ReplyDelete
  55. NAMA : PUTU DINA HANDAYANI
    NO : 033
    KELAS : REGULAR SORE
    Karena banyak produk - produk di pasaran yang notabene-nya memiliki base yang sama namun dengan cover yang berbeda. Seperti yang disampaikan sebelumnya, dengan adanya produk dengan base yang sama namun dengan cover yang berbeda itu dapat membuat pasar dan pemasaran lebih sehat. Hal itu dikarenakan adanya fungsi substitusi dari produk - produk yang diciptakan tersebut. Seperti produk di atas contohnya. Produk air mineral AQUA merupakan sebuah produk air mineral yang melegendaris dari dulu sampai dengan masa sekarang. Misalnya saja suatu saat konsumen berbelanja di suatu warung atau outlet. Konsumen tersebut berniat akan membeli air mineral. Secara otomatis konsumen tersebut akan mengatakan kepada penjaga warung akan membeli aqua walaupun nanti pada kenyataannya si pembeli atau konsumen itu akan diberi air mineral merk lain seperti ades, yeh buleleng, fit, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan produk air mineral AQUA telah memiliki brand cover yang melegendaris dari sejak dahulu sampai sekarang.

    ReplyDelete
  56. NAMA ; PUTU DEWI AYU SARASWATI
    NO ; 041
    KELAS ; 3A REGULER SORE

    Menurut saya, untuk dapat bertahan dan menunjukkan eksistensi diri dizaman yang sudah maju ini, sangat dibutuhkan kreatifitas. Kreatifitas adalah kemampuan untuk melahirkan ide dan gagasan baru yang segar dan orisinal untuk mengatasi tantangan dan mencapai tujuan yang diinginkan. Pada zaman ini, perubahan juga terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Banyak penemuan-penemuan dan ilmu baru dilahirkan. Informasi begitu mudah kita dapatkan dengan berbagai media. Pada zaman ini orang yang berkuasa adalah orang yang menguasai teknologi dan informasi. Untuk dapat bersaing dalam era teknologi dan informasi yang mengandalkan kecerdasan dan fleksibilitas ini diperlukan kemampuan berpikir kreatif. Kita melihat dalam dunia bisnis, perusahaan yang tidak kreatif melakukan perubahan dan perbaikan, akan tertinggal dibandingkan yang lainnya yang secara dinamis terus melakukan perubahan dan perbaikan. Semua produk teknologi dan informasi yang sangat marak dipasaran sekarang ini, adalah produk dari kreatifitas. Seperti berbagai jenis merek air mineral tersebut, itu adalah bagian dari kreatifitas dalam persaingan sekarang ini.Namun kalau kita lihat kebanyakan orang kreatif memang kelihatan berbeda diawal, bahkan cendrung ide dan gagasannya dilihat secara pesimis oleh orang lain, dikritisi bahkan dipatahkan. Namun orang kreatif memiliki semangat dan mental yang kuat untuk membuktikan bahwa ide dan gagasanya mereka, akan sangat berguna suatu saat.

    ReplyDelete
  57. NAMA: TINA WINDAYANI
    KELAS: REGULER SORE 3A MANAGEMEN
    NO: O49

    menurut saya dengan banyak adanya merk air mineral, konsumen memiliki banyak pilihan untuk menentukan seleranya dan perusahaan yang memproduksikannya bisa menarik konsumennya dengan berbagai macam cara. Mereka harus mampu berinovasi dan berkreasi meningkatkan kualitas produknya dan menyajikan kemasannya sehingga mampu bersaing secara sehat, Kita harus pintar-pintar mencari peluang dalam memasarkan produksi tersebut biar produk yang kita tawarkan bias laku. Dengan adanya banyak produk yang berkembang bisa mrnjadikan perkembangan produk sangat pesat di pasaran.

    ReplyDelete
  58. Menurut pendapat saya, dalam sebuah organisasi atau dalam sebuah perusahaan sangat diperlukan keempat fungsi manajemen tersebut yaitu Planing, organizing, actuating dan controling. Dengan menjalankan keempat fungsi manajemen tersebut dengan baik maka perusahaan akan bisa bersaing di pasar dan produk yang dihasilkan bisa diterima oleh pasar. Setiap produk yang dihasilkan harus mampu bersaing di pasar dan bisa bersaing dengan semua merk yang ada, karena konsumen akan lebih memilih produk kita jika produk kita memiliki kelebihan dari produk-produk yang sudah ada. Jadi perusahaan yang menciptakan sebuah produk baru harus bisa menjalan keempat fungsi manajemen tersebut agar bisa menghasil produk yang mampu bersaing di pasar.

    Nama : Komang Yuliani
    Nim : 13.01.1.1.006
    Kelas : III A

    ReplyDelete
  59. nama:komang ngardiasa
    no:037
    kelas:3A reguler sore

    Bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) semakin menggiurkan, karena kebutuhan akan air minum terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Perusahaan yang menggarap bisnis AMDK pun semakin banyak dan terus melakukan ekspansi untuk memperluas jaringan pasar produk-produknya.
    Penjualan soft drink meningkat secara cepat sejalan dengan lebih banyak warga Indonesia bergabung dalam kelas menengah. Dari segi penjualan industri ini mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Pada 2002, terjadi kenaikan 30 persen dibandingkan tahun 2001 dari 5, 4 miliar liter menjadi 7,1 miliar liter. Meski AMDK bisnis ”basah”, bukan tak berarti ada ganjalan. Maraknya depot air minum mau tak mau ”memaksa” industri AMDK mengoreksi target yang ditetapkan, menjadi 10 persen, karena terganggu dengan maraknya depot air minum yang dinilai menggerogoti pasar AMDK. AMDK harus terus gencar melakukan promosi untuk memelihara pangsa pasar yang dimiliki. Banyak pelaku usaha yang selalu menghadapi masalah saat menghadapi persaingan. Salah satu cara yang bisa dilakukan pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing adalah membangun merek (branding). merek adalah identitas yang menempel dan memiliki arti tersendiri di benak konsumen. Itu sebabnya pelaku usaha perlu membangun brand mereka. Berikut 10 alasan pentingnya merek yaitu:
    1. Brand menempel di Ingatan
    2. Brand adalah asset
    3. Brand menggugah sisi emosional konsumen
    4. Brand menciptakan totalitas pada layanan usaha
    5. Brand memudahkan pelanggan menemukan bisnis kita
    6. Brand menciptakan kepribadian
    7. Brand memiliki kekuatan untuk menarik konsumen
    8. Brand akan menghemat biaya usaha
    9. Brand mempengaruhi perilaku pembelian
    10. Brand dan personal branding saling terkait
    Semoga persaingan yang dilakukan tetap pada kerangka persaingan yang sehat dan produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar negeri.

    ReplyDelete
  60. Dalam sebuah perusahaan fungsi manajemen diatas memang sangat di butuhkan untuk mengetahui kemajuan usaha yang kita jalankan. menurut saya seorang pengusaha itu memang harus kreatif untuk bisa menciptakan barang baru sehingga tidak akan gugup dalam menghadapi persaingan dan produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik dari produk yang sudah ada.Sehingga perusahaan akan terus dapat berjalan lancar dan mampu bersaing dengan baik.
    gst ayu km. yuliarsini
    130111032

    ReplyDelete
  61. NAMA :l MUHAMAD RUDI
    NIM. 13.01.1.100
    JURUSAN : MANAJEMEN II


    Dari kisah sukses Aqua, kita dapat belajar bahwa inovasi itu sangat penting. Sebuah ide yang tampaknya nyeleneh atau tidak lazim, seringkali malah membawa kisah sukses yang besar. Jadi, jangan takut untuk berinovasi,
    Pada saat itu, produk Aqua ditujukan untuk market kelas menengah ke atas, baik dalam rumah tangga, kantor-kantor dan restoran. Namun sejak tahun 1981, Aqua telah berganti kemasan dari semula kaca menjadi plastik sehingga melahirkan berbagai varian kemasan. Hal ini menyebabkan distribusi yang lebih mudah dan harga yang lebih terjangkau sehingga produk Aqua dapat dijangkau masyarakat dari berbagai kalangan. Di tahun 1981 ini juga, Aqua mengganti sumber airnya dari air sumur bor ke air dari mata air pegunungan.
    Itulah cara aqua berinovasi dalam dunia bisnis dan semoga para pembaca dapat ter insvirasi dan termotivasi tuk terus bangkit dari suatu kegagalan.

    ReplyDelete
  62. Nama : I KOMANG DARMAYASA
    NIM : 13.01.1.038
    JURUSAN : Manajemen semester 3 reghuler sore


    pendapat saya,
    “Kepompong Si Kreatif”, artikel yang sangat menarik untuk dikaji. Kata kreatif sendiri merujuk sifat atau perilaku seseorang yang memiliki daya cipta atau kemampuan untuk menciptakan. Sedangkan Imajinasi kreatif itu dapat didefinisikan sebagai kemampuan menciptakan imajinasi yang kreatif terhadap berbagai hal yang baru, yang bahkan terlihat tidak mungkin.
    Sama halnya yang dilalui oleh penemu “Aqua” almarhum Tirto Utomo, siapa yang menyangka, diawal banyak orang sinis dengan ide Tirto Utomo ini untuk menjual air minum kemasan botol, namun karena tekad dan terus berkreativitas akan idenya tersebut sehingga Aqua sekarang bisa sesukses sekarang. Kesuksesan Aqua pun, menarik beberapa perusahaan lain untuk membuat nama di air mineralnya dengan nama Aqua. Bahkan jika kita berniat membeli air mineral kemasan botol, selalu menyebut dengan mau membeli Aqua, padahal yang diberikan kadangkala bukan merek Aqua, tetapi itulah Aqua sudah menjadi brand image yang baik di mata konsumen. Dan apabila kita mengikuti perkembangannya, Aqua terus melakukan inovasi terhadap produknya, mulai dari kemasan yang gelas, botol, galon, hingga hal terkecil seperti tutup botol dan segel galon pun terus mereka inovasikan dengan ide-ide kreatifnya.
    Jadi, kenapa kita enterpreneur harus kreatif? Karena kita dituntut selalu untuk memiliki ide-ide bisnis yang berbeda dari yang lain dan memiliki gagasan yang sangat orisinal. Dan kreativitas merupakan sebuah elemen penting dalam jati diri seorang entrepreneur. Tanpanya, inovasi tidak akan bisa dihasilkan.Tapi menjadi kreatif saja tidak cukup, kita juga harus tahu bagaimana kita bisa melatih & mengasah bakat kreatif tsb. Jadi pada intinya, menjadi pengusaha harus kreatif atau tidak, akhirnya akan berpulang kepada diri kita masing-masing, karena kesuksesan di dunia usaha tergantung kepada sejauh mana effort kita untuk berjuang mewujudkannya.

    ReplyDelete
  63. Sangat setuju.karena ditinjau dari kepentingan konsumen, dengan banyaknya kompetitor akan dapat menyehatkan harga dan konsumen mempunyai banyak pilihan dalam menentukan selera. Kesuksesan Aqua pun, menarik beberapa perusahaan lain untuk membuat nama di air mineralnya dengan nama Aqua. Bahkan jika kita berniat membeli air mineral kemasan botol, selalu menyebut dengan mau membeli Aqua, padahal yang diberikan kadangkala bukan merek Aqua, tetapi itulah Aqua sudah menjadi brand image yang baik di mata konsumen.

    ReplyDelete
  64. saya sangat setuju dengan paparann di atas, mereka semua adalah suatu perusahaan yang berbeda mnamun bergerak dalam bidang yang sama, bagaikan kepongpong yang berlomba menjadi kupu-kupu yang hebat dan tangguh, tentunya dengan itu akan menciptakan suatu persaingan yang tinggi untuk meraihnya, dan dimana keseluruhan produk memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang menjadi ciri khas produk, dan untuk mencapai pasar dan menguasainya akan memerlukan berbagai macam strategi, srategi yang sehat tentunya yang harus dijalankan, namun dalam konteks yang sebenarnya seringkali ada yang memanfaatkan suatu produk yang menjadi raja, sehingga akan mampu menurunkan kualitas produk utuk itu perusahaan perlu membuat suatu produk yang paten dengan ciri khas yang tidak bisa untuk di tiru, nah kita sebagai mahasiswa manajemen perliu belajar dari strategi pemasaran produk ini, sehingga kita mampu bersaing nantinya dibalik ketatnya persaingan dunia kerja, bagaikan segerumbul kepongpong, ya kreatifanlah yang akan membuktikan keponpong mana yang menjadi kupu-kupu trbaik,,, ya begitulah pasar, kehidupan dan segala hal yang memerlukan persaingan.

    i gede budikusuma
    13.01.1.1.009
    reg sore / 3

    ReplyDelete
  65. Kreatifitas adalah kemampuan seseorang memunculkan sesuatu yang baru dari yang biasanya. Adanya merk air mineral saat ini, yang di jual di masyrakat memang berbagai macam jenis adanya, disinilah nilai kreatifitas prodesen untuk melihat pasaran yang ada. Namun factor yang perlu juga di pahami selain kreatif memunculkan merk baru namun harus melihat dari segi kualitas produk,karena jenis air mineral sangat bermacam sehingga dituntut produsen di berbagai merk kemasan harus memiliki keunggulan di setiap produk yang di hasilkannya, agar tetap di minati oleh para konsumen yang ada.

    Nama ; Yohana Wahyundari
    NIM ; 13.01.1.1.003
    KELAS REGULER SORE IIIA

    ReplyDelete
  66. Nama : Ni Luh Sri Marwati (13.01.1.199)

    Membaca artikel dan komentar teman2 sangat banyak ide-ide yang telah dikemukakan mengenai kepompong si kreatif. Terlepas dari apa pun kreatifitas yang dilakukan pada hakikatnya hanya para pelaku ekonomi yang semangat dan kreatif akan mampu menunjukan kreatifitasnya. Manusia melahirkan pencipta besar yang mewarnai sejarah kehidupan umat manusia dengan karya-karya spektakulernya termasuk salah satunya adalah produk,,, jadi banggalah menjadi manusia hehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. suatu produk yg diciptakan oleh manusia sudah pasti merupakan hasil dari kreatifitas. Nah disinilah kita sebagai konsumen harus jeli melihat dan menilai produk mana yg diprioritas kan untuk dikonsumsi. Setiap produk pasti punya kelebihan dan kelemahannya.. hanya saja jika kita berbicara mengenai produk minuman air mineral, sudah pasti aqualah pemenangnya.
      intinya : kreatifitas dalam segi pengemasan didampingi oleh kualitas yg bagus serta telah menggenggam nama baik akan menjadi andalan bagi produk apapun .. :)

      putu ayu sutriningsih (130111074)

      Delete
  67. menurut saya dimana dalam mewujudkan suatu persaingan antar perusahaan harusnya perusahaan tersebut harus mampu mewujudkan kwalitas barang yang bagus. seperti artikel diatas tentang aqua, ades,vit club dan aquaria dari masing-masing perusahaan tersebut untuk mewujudkan keberhasilan dalam menarik para konsumen harus mampu menciptakan produk-produk dari perusahaan lainnya. dimana dalam persaingan ini kedepannya akan menimbulkan perdamaian dalam melakukan persaingan.

    nama : Gd budiarsana putra
    nim : 013.01.1.1.007
    jurusan: manajemen S1
    kelas : reguler sore
    semester: III

    ReplyDelete
  68. nama : luh sri budiani
    nim : 12.01.1.1.1057
    kls :reguler sore
    semsester:IIIB
    comment kepongpong sikreatif
    menjadi anak yang kreatif bisa hidup mandiri sangatlah bagus,apalagi bisa menghasilkan duit
    sama halnya dengan berbagai macam merek minuman mineral yang mulai muncul yang Aqua merupan induknya dan melahirkan anak-anak ulat sutra dan berubah jadi kepong-pong dan menjadi kupu-kupu yang amat cantik bisa hidup mandiri bahkan lebih cantik dari induknya yang merupakan seekor ulat,melihat pernyataan kepongpong yang kreatif tersebut kita sebagai manusia makhluk sosial yang paling sempurna hendaknya bisa menjadikan cerminan metamorfosis kepongpong agar lebih maju tidak selamanya harus menjadi bawahan harus mempunyai hayalan cita-cta dan usaha setinggi mungkin agar menjadi seorang pengusaha dengan terus mengembangkan keterampilan kita masing-masing jika seekor ulat bs bermetamorfosis menjadi kepongpong yang kreatif kenapa kita manusia tidak bisa???
    mari kita berkarya dan memacu kratifitas kita agar bisa jadi manusia kreatif dan tidak ada salahnya muncul berbagai merek minuman minera baru yangterpenting aman dikonsumsi

    ReplyDelete
  69. Kepompong si Kreatif, merupakan satu artikel yg menarik dan inspiratif buat saya. Dari artikel ini dapat saya petik bahwa seseorang haruslah kreatif dalam menciptakan ide-ide, kreatif dalam mengembangkan ide-ide yang sudah ada untuk menciptakan sesuatu yang baru, dengan demikian akan tercipta pengusaha-pengusaha baru yang akan muncul sebagai seorang kompetitor bagi pengusaha dari produk yang sudah ada. Adanya kompetitor sangatlah baik bagi sebuah produk, karena perusahaan akan berusaha menjaga kualitas produk dan bahkan meningkatkan kualitasnya, hal ini memberikan keuntungan bagi konsumen untuk mendapatkan produk dengan kualitas yang baik, munculnya kompetitor akan menambah varian barang yang ada di pasaran, jadi konsumen memiliki banyak pilihan sebelum memutuskan membeli. Adanya kompetitor akan menjadi penyeimbang harga, sehingga tidak ada monopoli produk, harga akan bersaing. Adanya kompetitor dalam dunia bisnis sangatlah baik bagi berkembangnya dunia usaha di suatu daerah untuk berkembang dan majunya suatu daerah, semakin banyak bertumbuh kembang pengusaha baru maka geliat kehidupan di daerah tersebut akan semakin baik, karena ada penyerapan tenaga kerja yang akan mengurangi pengangguran dan nantinya akan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

    Hermawati
    013.01.1.1.083
    Ekonomi Manajemen
    Reguler sore/3A

    ReplyDelete
  70. Menurut saya tulisan tentang Kepompong Si Kreatif di atas memang sangat kreatif , dimana sebuah produk air minum menciptakan nama produk yang berbeda-beda padahal produk yang di pasarkan itu berjenis yang sama tapi sangat hebat karena masing-masing produk tersebut memiliki daya tarik dan daya beli yang berbeda. Dengan itu produk-produk tersebut mampu bersaing di pasaran dengan tujuan pastinya untuk meraup nama dan keuntungan yang setinggi-tingginya yang diinginkan setiap perusahaan air minum tersebut.

    Nama : Ni Luh Widiari
    Nim : 12.01.1.1.1.1049
    Kls : Reguler Sore / 3B

    ReplyDelete
  71. Nama : Ni Made Ari Artasih
    NIM : 13.01.1.1.060
    Jurusan : Manajemen

    Saya sangat setuju dengan artikel ”Kepompong Si Kreatif”. Menerapkan kreativitas dalam bisnis sangatlah penting. Kreativitas tidak hanya untuk bisnis yang masuk dalam kelompok ekonomi kreatif semata tetapi untuk semua jenis bisnis, tidak peduli bisnis apa pun. Menurut saya kretaivitas tentunya akan menentukan suatu persaingan terhadap suatu produk terutama jenis produk yang sama. Dengan kreativitas akan menciptakan keunggulan dibandingkan dengan produk-produk yang lain. Dengan keunggulan yang dimiliki suatu produk akan bisa bersaing dengan produk yang lain dan diharapkan dapat memenangkan persaingan tersebut.
    Pada zaman sekarang ini, menurut saya kreativitas sangatlah diperlukan dalam menjalankan suatu bisnis. Kreativitas yang tidak hanya dalam dalam hal inovasi dalam produk tapi juga dalam hal pemasaran, pengelolaan keuangan dan lain sebagainya. Jadi kreativitas penting dalam bisnis.

    ReplyDelete
  72. Kalau pendapat saya kreatif itu mesti melahirkan sesuatu yang beda dengan yang lain atau menciptakan hal yang baru yang belum pernah ada. Merk2 air mineral yang mengikuti jejak Aqua justru menurut saya itu tidak kreatif melainkan hanya mendompleng dari Aqua. Apa spesialnya coba Vit,Ades,Club dsb yang ujung2nya konsumen pasti akan mencari merk Aqua di toko,warung,kios dll. jadi menurut saya kreatif itu ya mesti sesuatu yang diciptakan menjadi baru yang belum pernah ada...seperti halnya minuman pocari sweat...itu merupakan produk yang kreatif..

    Nama : Ketut Intan Dewiyani
    NIM : 13.01.1.1.172
    Jurusan : Manajemen (Reg.Sore)
    Kelas : III A

    ReplyDelete
  73. Menurut pendapat saya, dalam sebuah organisasi atau dalam sebuah perusahaan sangat diperlukan keempat fungsi manajemen tersebut yaitu Planing, organizing, actuating dan controling. Dengan menjalankan keempat fungsi manajemen tersebut maka perusahaan bisa bersaing di pasar. Setiap produk yang dihasilkan harus mampu bersaing di pasar dan bisa bersaing dengan semua merk yang ada. Jadi perusahaan yang menciptakan sebuah produk baru harus bisa menjalan keempat fungsi manajemen tersebut agar bisa menghasil produk yang mampu bersaing di pasar. Pada zaman sekarang ini, menurut saya kreativitas sangatlah diperlukan dalam menjalankan suatu bisnis. Kreativitas yang tidak hanya dalam dalam hal inovasi dalam produk tapi juga dalam hal pemasaran.
    Luh putu Verayanti
    13.01.1.1.052
    Reguler sore

    ReplyDelete
  74. nama : komang agus setia budi
    kelas : manajemen sore 3A
    no : 036
    Bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) semakin menggiurkan, karena kebutuhan akan air minum terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Perusahaan yang menggarap bisnis AMDK pun semakin banyak dan terus melakukan ekspansi untuk memperluas jaringan pasar produk-produknya.
    Penjualan soft drink meningkat secara cepat sejalan dengan lebih banyak warga Indonesia bergabung dalam kelas menengah. Dari segi penjualan industri ini mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Pada 2002, terjadi kenaikan 30 persen dibandingkan tahun 2001 dari 5, 4 miliar liter menjadi 7,1 miliar liter. Meski AMDK bisnis ”basah”, bukan tak berarti ada ganjalan. Maraknya depot air minum mau tak mau ”memaksa” industri AMDK mengoreksi target yang ditetapkan, menjadi 10 persen, karena terganggu dengan maraknya depot air minum yang dinilai menggerogoti pasar AMDK. AMDK harus terus gencar melakukan promosi untuk memelihara pangsa pasar yang dimiliki. Banyak pelaku usaha yang selalu menghadapi masalah saat menghadapi persaingan. Salah satu cara yang bisa dilakukan pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing adalah membangun merek (branding). merek adalah identitas yang menempel dan memiliki arti tersendiri di benak konsumen. Itu sebabnya pelaku usaha perlu membangun brand mereka. Berikut 10 alasan pentingnya merek yaitu:
    1. Brand menempel di Ingatan
    2. Brand adalah asset
    3. Brand menggugah sisi emosional konsumen
    4. Brand menciptakan totalitas pada layanan usaha
    5. Brand memudahkan pelanggan menemukan bisnis kita
    6. Brand menciptakan kepribadian
    7. Brand memiliki kekuatan untuk menarik konsumen
    8. Brand akan menghemat biaya usaha
    9. Brand mempengaruhi perilaku pembelian
    10. Brand dan personal branding saling terkait
    Semoga persaingan yang dilakukan tetap pada kerangka persaingan yang sehat dan produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar negeri.

    ReplyDelete
  75. nama : Titis Kencana Wangi
    kelas : manajemen sore 3A
    no : 059
    Kreatif adalah kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang baru dan berbeda dalam menjalankan bisnis di dalam era globalisasi sekarang ini . Saya sangat setuju dengan artikel diatas,karena setiap perusaha seharusnya memiliki suatu ciri khas tersendiri agar para konsumen mudah mengingatnya dan bisa di pakai ciri khas oleh para konsumen, Contohnya seperti halnya Aqua ,Aqua menggunakan strategi yang amat sangat baik sehingga sangat melekat di pikiran masyarakat . Dimana Aqua merupakan pemegang saham lebih dari 62% dari pasar air botol di Indonesia. Dengan menggunakan media komunikasi sebagai sarana promosi hal tersebut membuat AQUA dikenal oleh masyarakat luas, selain dari segi promosi yang bagus AQUA juga dapat menjaga kualitas air yang mereka produksi.Mungkin ada beberapa cara ampuh dalam menghadapi persaingan dalam dunia bisnis yaitu ada keberanian (courage), kualitas (quality), fokus (focus), kerja keras (hard Work). Dan pastinya dengan perilaku kratif dari seorang entrepreneur yang diiringi dengan 4 fungsi utama dalam manajemen (POAC) akan melahirkan kejeniusan individu yang kreatif dan terorganisasi.

    ReplyDelete
  76. Nama : NI LUH DEVI RUSMAYANTHI
    NIM : 130111082
    Kelas : AMPULEN

    saya sangat setuju dengan apa yang dipaparkan secara singkat pada postingan di atas. Karena banyak produk - produk di pasaran yang notabene-nya memiliki base yang sama namun dengan cover yang berbeda. Seperti yang disampaikan sebelumnya, dengan adanya produk dengan base yang sama namun dengan cover yang berbeda itu dapat membuat pasar dan pemasaran lebih sehat. Hal itu dikarenakan adanya fungsi substitusi dari produk - produk yang diciptakan tersebut. Seperti produk di atas contohnya. Produk air mineral AQUA merupakan sebuah produk air mineral yang melegendaris dari dulu sampai dengan masa sekarang. Misalnya saja suatu saat konsumen berbelanja di suatu warung atau outlet. Konsumen tersebut berniat akan membeli air mineral. Secara otomatis konsumen tersebut akan mengatakan kepada penjaga warung akan membeli aqua walaupun nanti pada kenyataannya si pembeli atau konsumen itu akan diberi air mineral merk lain seperti ades, yeh buleleng, fit, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan produk air mineral AQUA telah memiliki brand cover yang melegendaris dari sejak dahulu sampai sekarang. Tapi apakah dengan adanya produk lain menyebabkan persaingan itu tidak sehat ???? jawabannya adalah TIDAK !!!!!!!!!!. Karena dengan adanya produk lain (kompetitor) menyebabkan pasaran menjadi lebih sehat dan kompetitif. Disatu sisi dengan adanya brand produk yang berbeda jangan sampai menyebabkan hal tersebut sebagai sebuah pembeda tapi harus menjadi sebuah identitas penyatu. Intinya walaupun memiliki brand cover yang berbeda, walaupun masing – masing produk tersebut memiliki produktifitas tersendiri namun pada akhirnya identitas dari produk – produk tersebut tidak berfungsi sebagai identitas pembeda namun sebagai identitas penyatu/identitas perdamaian. Dengan kata lain antara produk yang satu dengan yang lain memiliki fungsi saling melengkapi (complementer product). , SALAM INTELEKTUAL !!!! 

    ReplyDelete
  77. komang arcana yasa
    eksekutif/semester III
    nim : 13.01.1.1.067
    S1 manajemen

    Kreatif adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang belum pernah ada sebelumnya dengan menekankan kemampuan yaitu yang berkaitan dengan kemampuan untuk mengkombinasikan, memecahkan atau menjawab masalah, dan cerminan kemampuan operasional anak kreatif.
    Jadi menurut saya kembangkan produk-produk tersebut menjadi merek yang berkualitas,baik dipandang oleh masyarakat maupun yang lainnya.supaya merek-merek tersebut banyak diminati masyarakat.

    ReplyDelete
  78. Menurut saya kreatifitas adalah sebuah kata yang mudah diucapkan tetapi susah untuk diartikan, bahkan susah untuk dijalankan dalam kehidupan keseharian bagi yang belum terbiasa dan yang masih terbelenggu dengan pikiran bahwa kreativitas itu harus menghasilkan ciptaan yang luar biasa hebat. Banyak orang mengatakan bahwa kreativitas itu suatu cara berfikir untuk keluar dari masalah hidup keseharian yang melingkupi dan membelitnya.
    Kreatifitas itu sikap dan pola pikir yang dapat menciptakan sesuatu yang baru, baik baru menurut dirinya maupun baru menurut orang lain. Kreativitas itu berhubungan penciptaan sesuatu yang baru dan orisinal.
    Kreatifitas berhubungan dengan pola pikir yang dapat menghubungan suatu masalah atau fenomena dengan unsur-unsur yang lain sehingga menjadi sesuatu yang baru. Bahkan kreativitas dapat diartikan sebagai pola pikir yang dapat menciptakan sesuatu yang baru.
    Kita harus pintar memilih produk apa yang nantinya akan bisa berkembang dan bertahan dimasyarakat , itu produk-produk diatas sangatlah penting bisa berinovasi karna jaman sekarang persaingan sangatlah ketat dan berbagai banyak variasi yg ditawarkan. Jadi kita harus pintar bagaimana cara menyiasati agar produk tersebut diterima dimasyarakat.

    Nama : Desak Putu Henny Krisnawati
    No.Nik : 013.01.1.1.068
    Esekutif/Smester III
    S1 Manajeman

    ReplyDelete
  79. Menurut saya, disamping faktor-faktor produksi yang meliputi tenaga kerja (labor), modal (capital), sumber daya fisik (physical resources), kewirausahaan (entrepreneurship), dan sumber daya informasi (information resources) sebagai penunjang produktifitas agar perusahaan dapat berkembang. Setiap perusahaan juga harus meningkatan kreatifitas sebagai faktor pendorong yang lain seperti yang telah terpapar pada artikel di atas. memang kreatif adalah kunci utama keberhasilan dari satu produk, namun harus tetap didampingi dengan keteguhan dalam proses penciptaannya sampai dengan bisa booming, terkenal dan bias melekat dalam ingatan semua kalangan masyarakat.dengan adanya kompetitor bukan berarti ketakutan akan tersaingi namun sebaliknya harus digunakan sebagai motivasi untuk menambah satu inovasi dalam produk baik dari cara pemasarannya atau pengemasan produk’a itu sendiri Perusahaan yang tingkat produktifitasnya tinggi dan berkembang, lebih-lebih berkembang pesat yaitu mereka yang selalu mempunyai daya cipta atau kreativitas yang tinggi selain produk tersebut juga memang kebutuhan para konsumen. Kreatif adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada. Dengan adanya ide-ide baru hasil dari kreatif itu sendiri dan juga mampu diterima dikalangan konsumen nantinya, maka perusahaan akan tetap beroperasi untuk tetap berproduksi memenuhi kebutuhan konsumen. Hal itu akan mengakibatkan persaingan yang semakin ketat, dan perusahaan yang satu dengan yang lain akan terus melakukan inovasi demi menghasilkan kualitas yang terdepan, yang tentunya untuk menarik konsumen sebagai pelanggan.

    nama: luh trisna sandyani
    nim: 13.01.1.1.177
    eksekutif/semester III

    ReplyDelete
  80. Kebutuhan air minum dalam kemasan seperti merk-merk yang disebutkan di atas memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dari data survey yang ada menunjukan bahwa pangsa pasar untuk produk tersebut semakin meningkat tiap tahunnya apalagi di kota-kota besar di mana air semakin langka.
    Dengan beragam merk yang ada dari masing-masing perusahaan diharapkan terjadi kompetisi yang sehat, dimana kompetisi ini mengarah kepada perbaikan kualitas yang akan dinikmati oleh konsumen . Konsep POAC memang harus diterapkan di dalam perusahaan, dan saya setuju bahwa perusahaan harus lebih kreatif lagi terutama dalam berinovasi karena persaingan tidak dapat dihindarkan. Yang kekal dalam bisnis adalah perubahan, untuk bisa tetap bertahanataupun menjadi lebih baik maka perubahan itu harus dihadapi dengan sikap KREATIF.

    Nama : I Nyoman Widiatmika
    NIM : 12.01.1.1.1085
    Semester : III
    Jurusan : Manajemen Bisnis (Eksekutif)

    ReplyDelete
  81. Dengan adanya keragaman jenis produk dari penawaran air mineral saat ini, sudah menggambarkan prilaku kreatif setiap insane dalam berbisnis. Seiring wktu berjalan akan melahirkan sebuah persaingan, dan siapa yang konsisten dia yang akan bertahan. Mempertahankan kualitas dan berinovasi merupakan salah satu faktor sebuah produk bisa bertahan. Teknik pemasaran (periklanan) dan harga juga menentukan pilihan masyarakat untuk memilih produk yang dipasarkan. Dalam hal ini, kreatif untuk ptoduk air mineral menurut saya hanya fokus pada kualitas air yang baik dari sumber mata air, PH dan rasa dari air tersebut. Dari segi keemasan, kreatif bisa ditunjukkan dengan kemasan yang berbeda, baik dari desain kemasan sampai kualitaas packing-nya. Jika pelaku bisnis tidak kreatif dan inovatif dalam mengolah produk yang dihasilkan maka akan tergilas persaingan dalam era kapitalisme saat ini.

    Kadek Donny Semara Bhuwana
    12.01.1.1.1083
    Semester 3 (ampulen)
    Manajemen (eksekutif)

    ReplyDelete
  82. Menurut saya, mendirikan sebuah usaha itu haruslah mempunyai kreatifitas yang tinggi demi menjaga kelangsungan hidup perusahaan, selain didorong dengan kemauan dan kerja keras. Seorang wirausahawan haruslah kreatif dalam menciptakan ide-ide, kreatif dalam mengembangkan ide-ide yang sudah ada untuk menciptakan sesuatu yang baru atau disebut dengan inovatif. kretivitas tentunya akan menentukan suatu persaingan terhadap suatu produk dengan produk yang lain yang beredar dipasaran terutama jenis produk yang sama tetapi yang belum pernah ada, dan juga produk yang diciptakan agar dapat berkesan dibenak para konsumen sampai kapanpun, seperti halnya air kemasan yang bermerk aqua yang secara otomatis merk tersebut ada di otak para konsumen saat membeli air mineral.

    Nama : Ni Luh Putu Sri Widiantari
    NIM : 13.01.1.1.024
    Kelas : Reguler Sore / Semester III A

    ReplyDelete
  83. Bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) semakin menggiurkan, karena kebutuhan akan air minum terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Perusahaan yang menggarap bisnis AMDK pun semakin banyak dan terus melakukan ekspansi untuk memperluas jaringan pasar produk-produknya.enurut saya, disamping faktor-faktor produksi yang meliputi tenaga kerja (labor), modal (capital), sumber daya fisik (physical resources), kewirausahaan (entrepreneurship), dan sumber daya informasi (information resources) sebagai penunjang produktifitas agar perusahaan dapat berkembang. Setiap perusahaan juga harus meningkatan kreatifitas sebagai faktor pendorong yang lain seperti yang telah terpapar pada artikel di atas. Perusahaan yang tingkat produktifitasnya tinggi dan berkembang, lebih-lebih berkembang pesat yaitu mereka yang selalu mempunyai daya cipta atau kreativitas yang tinggi selain produk tersebut juga memang kebutuhan para konsumen. Kreatif adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada. Dengan adanya ide-ide baru hasil dari kreatif itu sendiri dan juga mampu diterima dikalangan konsumen nantinya, maka perusahaan akan tetap beroperasi untuk tetap berproduksi memenuhi kebutuhan konsumen.
    kata kreatif berarti membuat sesuatu hal yang baru dalam hal ini dapat membuat suatu produk yang beragam sehingga konsumen apat menikmati suatu produk yang bragam sehingga konsumen tidak merasakan yang namanya kebosanan.
    akal kita akan semakin sehat
    Nama : Maha Arta
    Nim : 13.01.1.1. 076
    M.K : M. strategi
    Kelas : Eksekutif

    ReplyDelete
  84. Menurut saya berbicara produk,yang pastinya tidak terlepas dari pesaing dimana kita sebagai wira usaha kita harus memiliki kreaktivitas,maupun inisiatif untuk meng survei kelebihan setiap produk,pesaing,sehingga dengan itu siapa yang konsisten maka dialah yang bertahan dengan munculnya ide dan kreaktivitas baru ,sehingga mampu bersaing dikalangan konsumen ,sehingga dengan munculnya ide_ide baru maka muda- mudahan prusahaan akan tetap stabil dan ber oprasi memenuhi kebituhan konsumen, dengan itu akan mengakibatkansuatu persaingan yang ketat antara prusahaan yang satu dengan yang lainya,sehingga terus brusaha untuk meningkatkaninovasi produk demi mencapai kreaktivitas yang terbaik dan terdepan......smangattttt trusssss..............

    Nama: Kadek susiawan
    Nim:13.01.1.1.077

    ReplyDelete
  85. Dalam menciptakan suatu produk, kreatifitas sangatlah penting. Seperti produk (yang tesebut dalam artikel) air mineral kini muncul dengan berbagai merk dan tentunya persaingan juga akan semakin ketat, maka dari itu para kompetitor juga harus berkreatifitas dalam menciptakan serta mendesain kemasan air mineral agar menarik minat para konsumen, namun hal itu juga tidak terlepas dari kualitas air mineral tersebut, begitu juga dengan lingkungan, agar sumber mata air yang baik tetap terjaga.

    Aqua merupakan salah satu merk AMDK yang sangat dikenal oleh masyarakat luas. Aqua dapat menjaga kualitas air yang diproduksi. AQUA merupakan sebuah produk air mineral yang melegendaris dari dulu sampai dengan masa sekarang. Hal ini dapat dilihat dari tingkahlaku konsumen. Pada saat konsumen membeli air mineral pasti merk AQUA yang disebut meskipun nantinya yang dibeli adalah merk lain. Hal tersebut dikarenakan produk air mineral AQUA telah memiliki brand cover yang melegendaris.


    NIM : 13.01.1.1.064
    Eksekutif Manajemen

    ReplyDelete
  86. Industri Kreatif merupakan kelompok industri yang terdiri dari berbagai jenis industri yang masing-masing memiliki keterkaitan dalam proses pengeksploitasian ide atau kekayaan intelektual (intellectual property) menjadi nilai ekonomi tinggi yang dapat menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. saya setuju dengan artikel diatas, .Bagi perusahan yang bergerak diindustri ini dengan banyaknya kompetitor harus menyikapi secara positif persaingan ini. mereka harus mampu berinovasi dan berkreasi meningkatkan kualitas produknya dan juga penyajian kemasannya sehinnga mampu bersaing.

    ReplyDelete
  87. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  88. Dari strategi pemasaran, AQUA menggunakan seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah , papan reklame dan spanduk membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda. Dalam menjaga kesehatannya, mengangkat citra, AQUA secara aktif mendukung penyelenggaraan atletik internasional seperti pada jalur dan lapangan, mendaki gunung, angkat berat. Dalam iklannya AQUA menekankan asal dari air dan proses produksinya.
    Asal dari AQUA adalah benar-benar “sumber air yang mengalir”, bukan air tanah yang dipompa kepermukaan tanah.
    Strategi promosi yang diterapkan oleh Aqua tidak hanya berhasil membangun kesadaran mereka namun juga telah memperkuat Aqua sebagai industri air minum dalam kemasan yang besar di Indonesia serta mendongkrak target penjualan AQUA. Beberapa strategi pemasaran AQUA mulai digunakan oleh perusahaan AMDK lain seperti AQUA, ADES, VIT, CLUB, AQUARIA untuk mngikuti perjalanan karier AQUA.
    Pada dasarnya keputusan membeli air minum dalam kemasan oleh konsumen dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain mutu suatu produk, merek, selera, gaya hidup maupun jangkauan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Didorong oleh kebutuhan yang ada dalam diri seseorang dan keinginan bahwa kebutuhan dalam diri seseorang terpengaruh jika konsumen menunjukkan rasa senang yang pada akhirnya mengarah pada loyalitas. Pelanggan yang loyal lebih bernilai dari pada pelanggan yang hanya sekedar puas. Sebab pelanggan loyal akan selalu menggunakan produk sepanjang masa dan merupakan sumber pendapatan perusahaan dan AQUA dalam hal ini sudah memperhatikan faktor- faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam keputusan membeli. Jadi untuk menyalip prestasi AQUA bukan tidak mungkin tapi harus menguras banyak tenaga untuk berusaha.


    NI WAYAN SRI AYUOKTIAWATI
    13.01.1.1.200
    AMPULEN

    ReplyDelete
  89. Nama : Komang Sumerta Yasa
    NIM : 13.01.1.1.081
    Kelas : eksekutif

    Dengan adanya keragaman jenis produk dari penawaran air mineral saat ini, seperti Aqua, Ades, Vit, Club, Aquaria sudah menggambarkan prilaku kreatif setiap insane dalam berbisnis. Seiring wktu berjalan akan melahirkan sebuah persaingan, dan siapa yang konsisten dia yang akan bertahan. Mempertahankan kualitas dan berinovasi merupakan salah satu faktor sebuah produk bisa bertahan. Dengan segala kreativitas yang dimiliki oleh para tokoh didalamnya tentu akan membawa dampak positif terhadap perusahaan tersebut. Namun harus dipikirkan juga dampak-dampak negatif yang mungkin nantinya akan timbul misalkan, dampak terhadap lingkungan. . karena dari setiap perusahan tentu akan menghasilkan segenap polusi. disamping itu juga pengambilan bahan baku yaitu air tanah yang berlebihan akan membawa dampak negatif bagi lingkungan nantinya memang kini mulai ada perusahaan air mineral yang memanfaatkan sumber mata air alami sebagai bahan bakunya. Dan itu seharusnya difikirkan oleh seluruh perusahaan air mineral yang ada jagan hanya memikirkan keuntungan, omset, dan tingkat kemajuan dari perusahaannya saja.

    ReplyDelete
  90. Menurut saya dengan adanya keragaman jenis produk air mineral yang ada saat ini, berarti kreatifitas yang di munculkan sangatlah baik karena air mineral yang kita anggap hanyalah air yang tidak dapat di jadikan suatu produk atau tidak dapat dijual, tapi dengan ide-ide yang di munculkan air mineral sekarang menjadi nilai ekonomi yang bagus dan dengan banyaknya merek air mineral yang ada, itu menunjukkan kreatifnya bangsa kita terhadap sumberdaya alam yang ada,
    contohnya merek air mineral Aqua, saat nie merek air mineral yang banyak di minati para konsumen adalah merek Aqua, karena Aqua air mineral yang berasal dari air pegunungan dan murni, jadi para perusahaan harus meningkatkan produk tersebut, dan memumculkan ide-ide produk air mineral yang baru...

    Nama : Luh Putu Dwi Astini Wulandari
    NIM : 13.01.1.1.175
    Eksekutif S1 Manajemen

    ReplyDelete
  91. Menurut Saya,dengan adanya keanekaragaman air mineral yang dijual dipasaran agar mempermudah masyarakat untuk mendapatkan air bersih yang dikonsumsi terutama di wilayah perkotaan karena minimnya air bersih yang di akibatkan oleh pencemaran lingkungan,selain itu air mineral bisa langsung di konsumsi.selain merk air mineral yang sudah di jual dipasaran banyak masyarakat yang membuka usaha air isi ulang.tapi banyak juga yang menyalahgunakan usaha air isi ulang tersebut.karena air yang digunakan adalah air limbah yang di olah sedemikian rupa sehingga terlihat bersih dan alat yang digunakan untuk membersihkan galon yang dibawa hanya sebagai alat untuk mengelabuhi konsumen yang datang,oleh sebab itu lebih baik kita membeli air mineral merk terkenal meskipun harganya lebih mahal di bandingkan air isi ulang,demi keamanan dan kesehatan.

    Nama : Ni Made Erawati
    Nim : 12.01.1.1.1089
    Eksekutif S1 Manajemen

    ReplyDelete